Sulit Tidur Di Malam Hari? Membaca Buku Dapat Membantu Anda Loh, Simak Alasannya Berikut!

- 17 Maret 2021, 22:40 WIB
ILUSTRASI// Kesulitan tidur? Cobalah membaca Buku
ILUSTRASI// Kesulitan tidur? Cobalah membaca Buku /Freepik.com/Senivpetro

JAKSELNEWS.COM – Anda tentunya tidak lagi asing dengan manfaat membaca buku bagi otak Anda dan berbagai manfaat positif lainnya. Namun, pernahkah Anda mencoba membaca buku saat Anda sulit tidur di malam hari? Simak beberapa alasan berikut bahwa membaca buku dapat membantu Anda membantu Anda tidur lebih mudah di malam hari.

Mengurangi stres

ILUSTRASI/ Membaca buku mengurangi stres
ILUSTRASI/ Membaca buku mengurangi stres Pexels/Leah Kelly

Beberapa faktor yang tidak Anda sadari mungkin menjadi penyebab Anda sulit tidur di malam hari. Salah satunya adalah stres sepanjang hari dan karena memikirkan pekerjaan menumpuk di esok hari. Nah, membaca buku sebelum tidur dapat membantu Anda menjauhkan pikiran Anda dari stres dan kekhawatiran tentang hari esok.

Penelitian menunjukkan jika membaca buku selama enam meni sebelum tidur dapat mengurangi stres hingga 68%. Pilihlah topik dan jenis bacaan yang menarik untuk Anda ya. Selain itu, membaca buku sebelum tidur juga mampu membuat Anda lebih rileks setelah seharian bekerja.

Baca Juga: Aktor Dwayne Johnson Lakukan Diet Ketat Untuk Perankan Superhero Black Adam

Pengganti Perangkat Digital

ILUSTRASI// Mengganti gadget yang menyebabkan Anda sulit tidur
ILUSTRASI// Mengganti gadget yang menyebabkan Anda sulit tidur Pixabay.com/niekverlaan

Sinar biru yang ditimbulkan dari layar perangkat Anda dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk bersiap tidur. Sinar biru ini menghambat hormone melatonin yang seharusnya membantu Anda tertidur lebih cepat.

Membaca buku membuat Anda menjauhkan diri dari perangkat digital Anda. Bukankah cerita sebelum tidur dulu juga menyenangkan saat Anda masih kecil? Anda dapat mengulang kembali masa-masa itu sekarang dengan membiasakan diri membaca buku sebelum tidur.

Gerakan Mata Saat Membaca

ILUSTRASI// Membaca Buku
ILUSTRASI// Membaca Buku

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x