Tips Mudah Netralkan Kulit Setelah Pemakaian Kosmetik Abal-Abal

- 10 Maret 2021, 20:39 WIB
Ilustrasi botol produk kosmetik. (Pixabay)
Ilustrasi botol produk kosmetik. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM – Sempat marak kosmetik dan skincare abal-abal berbahaya yang ditarik dari peredaran oleh BPOM. Pengguna yang sudah terlanjur menggunakan produk tersebut kemungkinan akan tetap mendapat efek samping bahaya dari bahan kosmetik abal-abal.

Krim abal-abal biasanya mengandung logam berat, yaitu merkuri. Merkuri dapat merusak kulit meskipun bisa didapat dengan harga murah dan hasil penggunaan yang instan.

Dalam siaran resmi Sheima, dr. Fatimah Zahra, M.Biomed AAM mengatakan, penggunaan produk merkuri dalam jangka panjang akan menumpuk di jaringan kulit sehingga butuh waktu lama hingga tahunan untuk menghilangkannya. Namun, perbaikan kulit dari merkuri dapat dimulai sejak dini.

Baca Juga: 3 Manfaat Kacang Hijau yang Bagus untuk Kecantikan

Berikut tips dari dr. Fatimah untuk menetralkan kulit yang sudah terkena merkuri.

  1. Konsumsi antioksidan yang tinggi, seperti tomat, wortel, ubi, buah bit, semangka, teh, jambu, kacang kedelai serta buah dan sayur lainnya,
  2. Rutin minum air putih yang banyak, sehari minum 8 gelas atau 1 liter air,
  3. Menjalankan diet sehat,
  4. Konsumsi makanan dengan banyak serat, 
  5. Gaya hidup yang sehat, seperti rajin olahraga.

Dokter Fatimah menambahkan, untuk memilih produk kecantikan, harus yang sudah memiliki izin BPOM, berlabel halal serta produk yang menyehatkan kulit, bukan sekadar menawarkan kulit putih dan bersinar. ***

Editor: Setiawan R

Sumber: Sheima


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah