Canggih! Teknologi Baru, Bayar Tol Tanpa Buka Kaca Jendela Mobil

- 24 Maret 2021, 12:53 WIB
Gerbang Tol Semayang. (Pupr.go.id)
Gerbang Tol Semayang. (Pupr.go.id) /Pupr.go.id

JAKSELNEWS.COM – Inovasi teknologi baru yang dirilis oleh PT. Jasa Marga (Persero) dapat memungkinkan para pengguna tol melakukan pembayaran tanpa harus menyentuh mesin bahkan tanpa buka kaca jendela mobil.

Business dan Marketing Let It Flo PT. Jasa Marga (persero) Putri Kamil mengatakan teknologi ini bisa dilakukan di GTO (Gerbang Tol Otomatis) dan pengendara mobil harus mengatur kecepatan saat memasuki GTO.

Teknologi praktis dari PT Jasa Marga itu dinamakan FLO. FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar dengan basis aplikasi smartphone dan stiker yang didalamnya terdapat teknologi Radio Frequency Identification (RID) serta menggunakan source of fund berbasis Voucher Elektronik. Sticker tersebut ditempelkan ke bagian lampu depan mobil.

Baca Juga: Tarif 6 Ruas Jalan Tol Naik Serentak 17 Januari, Simak Rinciannya

FLO menjadi salah satu upaya yang dilakukan PT. Jasa Marga (Persero) untuk menekan angka positif Covid-19, yaitu dengan mengurangi kontak langsung di Gardu Tol saat menempelkan kartu pada mesin.

Dalam hal ini, para pengguna harus mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di PlayStore dan Appstore untuk melakukan transaksi tanpa berhenti dengan kecepatan yang juga harus disesuaikan.

Saat ini, FLO masih sebatas uji coba yang lingkupnya terbatas dan tidak komersial. Namun, FLO direncanakan akan menjadi regulator yang memiliki kewenangan jika sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Hal Positf dari Tilang Elektronik (ETLE)

Salah satu yang dapat kesempatan mencoba teknologi tersebut adalah komunitas Avanza Veloz Velozity pada Rabu 24 Maret. Di batch pertama, ada sebanyak 70 member dari Chapter De Bogor’s, JVC, VELBEC, dan DVECTA.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x