Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Gresik Gali Potensi Parekraf Unggulan Daerah

- 31 Maret 2021, 09:05 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan konferensi pers mingguan di Gedung Sapta Pesona
Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan konferensi pers mingguan di Gedung Sapta Pesona /Dok: Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah serta masyarakat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menggali potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif unggulan daerah.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan pandemi Covid-19 mau tidak mau menghadapkan pada pilihan yang tidak mudah. Di satu sisi, harus bergerak cepat menentukan segera langkah-langkah pencegahan dan pengendalian virus. Sementara di sisi lain harus menjaga laju perekonomian agar masyarakat mampu segera bangkit mengatasi pandemi.

"Kemenparekraf/Baparekraf telah menyusun tiga strategi utama yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Agar dapat terus menggairahkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, Gresik merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota religius dan dijuluki sebagai ‘Kota Wali’ karena terdapat dua makam tokoh Wali Songo dan makam wali-wali penyebar ajaran agama Islam lainnya.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tekankan Kearifan Lokal dalam pengembangan SDM Pariwisata Toba

"Dalam kaitannya dengan pariwisata, Kabupaten Gresik harus bisa menggali dan memanfaatkan potensi atau karakter daerahnya sehingga bisa mengembangkan segmen wisata yang sesuai dengan kearifan lokal," ujarnya.

Seperti diketahui, sebaran pelaku usaha pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Timur mencapai sebanyak 4.428 pelaku usaha, dan didominasi oleh 35,8 persen di antaranya yang bergerak pada usaha kuliner.

"Hal itu, perlu kita tingkatkan kedepan baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Kita juga mendorong creative city network di Gresik. Kemudian untuk wisata religi, Gresik memiliki dua makam wali, yaitu makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim dan keduanya saya sudah pernah kunjungi," ujarnya.

Menparekraf mendorong pengembangan desa wisata, yang merupakan bagian dari pilar terpenting dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Karena, pihaknya tidak ingin pariwisata ini menjadi eksklusif, melainkan inklusif.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x