Presiden Joko Widodo Mendadak Tinjau langsung Penerapan PPKM Mikro

- 26 Juni 2021, 10:35 WIB
Presiden Jokowi Tinjau PPKM Mikro di Jakarta Pusat
Presiden Jokowi Tinjau PPKM Mikro di Jakarta Pusat /Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden/

JAKSELNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung mendadak meninjau pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Jumat, 25 Juni 2021.

"Percuma kita buat kebijakan, tetapi di bawah tidak berjalan." ujar jokowi
 
Jokowi menekankan untuk menerapkan PPKM Mikro harus diperlukan tindakan, kontrol dan pengawasan di lapangan. Dia mengingatkan percuma membuat kebijakan jika tak berjalan di level terbawah.
 
"Karena yang diperlukan saat ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan. Percuma kita membuat sebuah kebijakan policy tetapi di bawah tidak berjalan," kata Jokowi dalam video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, seperti dikutip Sabtu, 26 Juni 2021.
 
 
Dalam melakukan peninjauan itu, ia mengatakan senang melihat ketua RW dan Lurah sigap dalam pemberlakuan pelaksanaan PPKM Mikro.
 
"Saya senang datang mendadak seperti ini, saya lihat bu RW keliatan cara menjawabnya siap, Pak Lurah juga. Ini yang kita harapkan di semua provinsi berjalan seperti ini," ujarnya
 
Ia menegaskan kedatangannya secara mendadak itu menginginkan kepastian pelaksanaan PPKM Mikro.
 
"Sehingga keyakinan itulah yang akan kita pakai dalam rangka kebijakan-kebijakan selanjutnya. Saya rasa kedatangan saya mendadak itu satu, ingin kepastian mengenai pelaksanaan PPKM Mikro itu saja," Lanjutnya
 
Jokowi menjelaskan bahwa pelaksanaan PPKM mikro ini diharapkan bisa dilaksanakan secara efektif dan tidak hanya di tempat yang ditinjau, tetapi di semua wilayah terkecil di seluruh Indonesia.
 
 
Kendati demikian, ia meminta agar para kepala daerah juga dibantu aparat TNI dan Polri dalam pelaksanaan PPKM mikro di wilayah terkecil.
 
"Saya minta betul gubernur, bupati, wali kota di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dibantu oleh Pangdam, Kapolda, di tingkat lebih bawah Danrem, Dandim, Kapolres menggerakkan Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk mendampingi pemda, mendampingi kelurahan, mendampingi RW, dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro," ujarnya.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini