Anies Baswedan: Jakarta Sedang Dalam Kondisi Darurat Covid-19

- 3 Juli 2021, 14:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Instagram @aniesbaswedan

JAKSELNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan saat ini kondisi Ibu Kota sedang dalam keadaan darurat Covid-19.

Hal ini berdasarkan data Pemprov DKI, BOR isolasi Corona sudah mencapai 92 persen, sementara ICU di angka 94 persen.
 
Anies mengatakan saat ini kondisi Ibu Kota sedang dalam keadaan darurat Corona. Ia mengimbau bahkan meminta agar warga Jakarta tidak keluar dari rumah, jika tidak ada kepentingan mendesak
 
 
"Pesan pada seluruh masyarakat Jakarta, bahwa Jakarta sedang dalam keadaan genting, situasi darurat. Semua diminta untuk berada di rumah, tidak bepergian, kecuali ada kebutuhan mendesak dan kebutuhan yang mendasar," ujar Anies di Polda Metro Jaya, Jumat (2 Juli 2021).
 
"Akan ada penutupan kampung-kampung, wilayah yang di sana terjadi kasus cukup tinggi biasa disebut zona merah oranye di situ ada pembatasan mobilitas," ujar Anies.
 
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di DKI Jakarta berlaku mulai hari ini sampai tanggal 20 Juli nanti. Untuk situasi ini, warga Jakarta untuk sementara untuk tidak berolahraga di tempat umum pada saat akhir pekan.
 
"Sabtu-Minggu masyarakat Jakarta biasa berolahraga. Silakan meneruskan olahraga di rumah, di kompleks, tapi tidak keluar," ujar Anies.
 
Lantas Anies menegaskan larangan itu berlaku untuk semua jenis olahraga. Ia akan menertibkan warga yang tidak patuh pada pembatasan mobilitas ini.
 
 
"Baik yang bersepeda, baik yang lari, baik yang jalan. Jangan lakukan di jalan-jalan raya. Lakukan itu di rumah, di kompleks. Termasuk yang bersepeda. Kita akan melakukan penertiban. Kalau melanggar, diangkut bersama sepedanya," Lanjut Anies
 
Pada saat situasi PPKM Darurat seperti ini, ada beberapa pesan yang Anies Sampaikan kepada jajaran atau bawahannya
 
Pertama Anies berpesan "kita semua berseragam dan bekerja atas nama negara'. Dalam masa darurat seperti ini, jajarannya diminta turun sebagai negara, jangan hanya jadi penonton.
 
Lanjut, Anies mengatakan semua harus turun tangan dan fokus membantu penanganan dalam situasi pandemi ini. "Penanganan pandemi adalah tupoksi setiap dan seluruh jajaran Pemprov DKI saat ini. Jangan ada alasan bukan tupoksi saya," ujar Anies.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x