PPKM Darurat Dikabarkan Akan Diperpanjang, Anies Diminta Siapkan Bansos untuk Warga Jakarta.

- 14 Juli 2021, 15:10 WIB
Ilustrasi Bansos PPKM Darurat Rp600.000.
Ilustrasi Bansos PPKM Darurat Rp600.000. /Pixabay/Eko Anug.

JAKSELNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta untuk menyiapkan bantuan sosial (bansos), jika pemerintah pusat benar-benar akan melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 selama enam minggu.

"Ketika kebijakan yang dikeluarkan berdampak kepada mereka kan harus diselamatkan," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, Selasa (13 Juli 2021).
 
Ia mengatakan, jika memang nantinya pemerintah pusat melanjutkan PPKM Darurat, maka DPRD pastinya juga akan mendorong agar Pemda DKI Jakarta mengeluarkan bantuan sosial.
 
 
"Kalau ada kelanjutan, kami mendorong ke arah sana. Kita harus memperhatikan masyarakat yang bekerja hari ini untuk makan ini," ujarnya
 
Gembong menilai, para pekerja informal saat ini terkena dampak langsung akibat kebijakan PPKM Darurat yang saat ini sudah berjalan.
 
"Yang seperti ini pemerintah harus hadir bentuknya apa ya, ini yang harus duduk bareng agar mereka tidak terdampak begitu dalam," ujarnya lagi
 
Menurut Gembong, Hal ini juga bukan hal yang begitu sulit bagi Pemprov DKI Jakarta, jika harus mengeluarkan Bansos.
 
Pemprov Jakarta harus sigap melakukan pergeseran atau refocusing anggaran di beberapa sektor untuk kemudian dialihkan ke Bansos.
 
 
"Kalau toh kita mengeluarkan Bansos, keuangan kita mampu kok. Mampu, keuangan kita mampu, tentunya dengan melakukan pergeseran pergeseran ya tentunya dengan melakukan pergeseran anggaran,"
 
"Kalau enggak melakukan pergeseran anggaran ya memang tidak mungkin alokasi yang ada untuk mengcover bansos," ujar Gembong
 
Namun disisi lain, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat.
 
Ia menilai, kalau pun harus ada bantuan sosial (bansos) nantinya, Pemprov Jakarta akan memberikan bantuan sosial dalam bentuk tunai.
 
"Kami masih menunggu kebijakan pemerintah pusat, kami ikut, ya lebih baik tunai," ujar Riza.***
 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x