Inilah Prediksi Ahli Terkait Akan Turunnya Kasus Covid-19 di Jakarta

- 15 Juli 2021, 12:10 WIB
Ilustrasi Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona /

JAKSELNEWS.COM - Kasus Covid-19 diketahui melonjak tinggi pada bulan Juni sampai dengan pertengahan Juli ini. Menurut penelitian para ahli, penurunan kasus Covid-19 akan terjadi pada Agustus-September 2021 mendatang.

Salah satu anggota tim peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Muhammad N Farid memprediksi kasus positif virus corona (Covid-19) akan mulai turun pada Agustus-September 2021.
 
"Jadi penurunan di Februari dan kenaikan di Juni kita buat skenarionya. Seandainya kenaikan di Juni ini terus terjadi, artinya PPKM Darurat tidak terlalu mengubah perilaku masyarakat. Maka kira-kira masih naik terus sampai mungkin lebih dari 25 ribu sampai 30 ribu sehari di Jakarta," ujar Farid dikutip JakselNews.com dari Cnnindonesia, Selasa (13 Juli 2021).
 
 
Hal ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh FKM UI bersama Lembaga Eijkman, CDC Indonesia, dan Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu belakangan ini.
 
Lonjakan kasus positif Covid-19 pada Juni 2021 tersebut diketahui telah berdampak cukup signifikan pada estimasi prevalensi yang dilakukan di bulan Maret.
 
"Ada penambahan kasus sebesar 4.7 persen pada bulan April hingga Juni 2021. Perubahan prevalensi dari 44.5 persen di akhir Maret 2021 menjadi 49.2 persen di akhir Juni 2021," ujarnya
 
 
Tim peneliti dari (FKM UI) sendiri telah mencoba untuk melakukan proyeksi pandemi Covid-19 di Jakarta selama enam bulan ke depan. Proyeksi ini dilakukan dengan pendekatan compartement model.
 
"Dari tren data yang dilihat di Jakarta, sebenarnya ada 2 waktu yang kita lihat penting. Pertama kenaikan yang sangat tinggi sekali sejak awal bulan Juni bahkan sampai sekarang. Kedua, terjadi penurunan kasus positif Covid-19 yang sangat drastis pada Februari 2021 lalu." ujar Farid.***

Editor: Husain F.P

Sumber: cnnindonesia.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x