Bangga! Bahasa Indonesia jadi Bahasa Resmi Kedua Vietnam

- 5 Agustus 2021, 15:30 WIB
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3 Tahun 2005
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3 Tahun 2005 /Wikipedia/

JAKSELNEWS.COM - Masyarakat Indonesia sudah seharusnya bangga, karena bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia.

Salah satunya bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi kedua Vietnam. Terkait hal ini banyak warga Indonesia yang belum mengatahui ini.
 
Diketahui, Bahasa Indonesia dipergunakan dan dipelajari oleh banyak negara di dunia lainnya, tercatat per Juli 2021 tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia.
 
Vietnam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya, guna untuk meningkatkan studi bahasa Indonesia dan menjaga hubungan bilateral dengan Indonesia.
 
Terkait hal ini perlu dibanggakan karena bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang dipergunakan dan dipelajari oleh banyak negara di dunia.
 
 
Kemudian, diketahui dari Instagram @kemdikbud.ri, ada 5 fakta menarik Bahasa Indonesia, yang membuat masyarakat Indonesia bangga:
 
1. Berada di urutan ke-9 sebagai bahasa paling banyak digunakan di dunia
 
Karena berbagai fakta, bahasa Indonesia saat ini berada di urutan ke-9 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.
 
Faktanya, Bahasa Indonesia dipelajari di 56 negara, Wikipedia berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 se-Asia dan ke-26 di dunia serta Wordpress berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah bahasa Inggris dan Spanyol.
 
2. Menjadi bahasa resmi kedua Vietnam
 
Sejak 2007, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa resmi kedua Vietnam dalam kurun waktu 14 tahun.
 
Selain itu, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa yang wajib dipelajari oleh tentara Kamboja.
 
 
3. Memiliki penutur lidah yang paling fleksibel
 
Bahasa Indonesia disebut merupakan bahasa yang memiliki pengguna penutur lidah paling fleksibel.
 
4. Pernah diperdengarkan di luar angkasa
 
Melalui rekaman piringan hitam satelit Voyager (NASA) pada tahun 1977, bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang pernah diperdengarkan di luar angkasa.
 
5. Memiliki keunikan ejaan
 
Bahasa Indonesia memiliki keunikan ejaan karena setiap angka (bukan bilangan) yang mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan. (satu dan sembilan berhuruf depan s.dst.).
 
 
Ulasan di atas adalah beberapa fakta menarik bahasa Indonesia dan tentu saja hal ini juga bisa menambah wawasan kita sebagai warga negara Indonesia, serta meningkatkan rasa nasionalisme kita menjelang HUT RI ke-76.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Instagram @Kemendikbud.ri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x