Menjadi Desa Rukun Harmoni, Seperti Ini Desa Kalirejo di Kendal Menjaga Toleransi Beragama

- 14 Desember 2021, 10:45 WIB
/

JAKSELNEWS.COM - Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sejak dulu dihuni penganut agama Islam, Kristen, dan Hindu. Para penganutnya menjaga keharmonisan dan toleransi antarumat beragama hingga kini.

Di desa ini, ada Masjid At-Taqwa, Gereja Kristen Jawa Boja, dan Pura Sita Nirmala yang lokasinya berdekatan menggambarkan kedekatan hubungan persaudaraan masyarakatnya.

Desa Kalirejo kini terpilih sebagai salah satu Pelopor Desa Rukun Harmoni di Provinsi Jawa Tengah. Pencanangan ini dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto. Hadir menyaksikan, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Image Building dan Komunikasi Media Wibowo Prasetyo, serta Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta'in.

Baca Juga: Petisi Desak Menteri Risma Minta Maaf Telah Ditandatangani 12 Ribu Orang Lebih

Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo mengatakan nisiatif yang baik ini harus terus dilakukan."Bangsa Indonesia itu beragam, mulai dari agama, suku, adat, budaya hingga bahasa. Ini kekayaan sekaligus kekuatan bangsa Indonesia. Kita dikuatkan oleh segala perbedaan tersebut,” ujarnya.

Senada, Bupati Kendal Dito M Ganinduto berharap, contoh baik dari Desa Kalirejo ini menular ke desa-desa lain di Kabupaten Kendal.

“Keharmonisan ini bisa menciptakan kondusivitas wilayah dan menjadi kekuatan Republik Indonesia dan saya akan kawal terus kerukunan umat beragama di Kendal agar terus terjalin dan terbina,” tambahnya.

Baca Juga: 10 Kata yang Sering Ditulis Salah pada Narasi Formal, Salah Satunya Bermakna Menjadi Rubah

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Mustain Ahmad mengatakan Kemenag mempunyai program desa sadar kerukunan dan sudah ada 17 desa yang didampingi.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x