Survei: Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Terkuat di Bursa Capres 2024

- 18 Desember 2021, 19:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /Dok. Humas Pemprov Jateng/

JAKSELNEWS.COM - Pemilihan Presiden tahun 2024 semakin dekat Dua nama yang masuk dalam jajaran bursa calon presiden (capres) terpopuler adalah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Hal ini terungkap berdasarkan hasil survei terbaru Voxpopuli Research Center dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Pikiranrakyat.com dari Antara, Sabtu, 18 Desember 2021.

"Persaingan ketat memperebutkan peringkat pertama dalam bursa capres terjadi antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Achmad Subadja.

Dalam hasil survei Voxpopuli Research Center disebutkan popularitas Prabowo masih berada di posisi atas dengan elektabilitas 19,3 persen, sedangkan Ganjar sebesar 19,1 persen.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional dan Tanggal Merah Tahun 2022 yang Ditetapkan Pemerintah, Total 16 Hari!


Dengan hasil survei tersebut, Prabowo dan Ganjar Pranowo berpeluang untuk berhadapan satu lawan satu (head to head) jika nantinya kedua  tokoh ini memutuskan untuk maju dalam Pilpres 2024.

Achmad mengungkapkan, kalau pun ada kandidat ketiga yang mencoba ikut bertarung, kekuatannya masih jauh di bawah Prabowo dan Ganjar Pranowo.

Hanya saja, baik Prabowo maupun Ganjar masih memiliki elektabilitas kurang dari 20 persen.

Ia menambahkan bawah tren dukungan terhadap Prabowo cenderung stabil, sedangkan Ganjar berpeluang meningkatkan elektabilitasnya, kata dia.

"Yang diperlukan adalah figur pasangan calon wakil presiden yang dapat memperkuat dukungan publik dan menggalang koalisi partai-partai pengusung," ujarnya.

Baca Juga: Latar Belakang Kehidupan Pribadi, hingga Asmara Aktris Cantik Ariel Tatum

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 1 hingga 10 Desember 2021 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling), yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.*** (PikiranRakyat/Ikbal Tawakal)



Editor: Ariyanti

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x