Labuhan Bajo Kini Punya Creative Hub, Ada Fasilitas Apa Saja?

- 20 Januari 2022, 07:36 WIB
Creative hub Labuhan Bajo
Creative hub Labuhan Bajo /Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan serah terima Creative Hub Labuan Bajo kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

Langkah ini untuk membangkitkan laju ekonomi kreatif di tengah pandemi, dan menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan kepada Pemerintah Daerah, komunitas, hingga pelaku ekonomi kreatif.

Creative Hub merupakan wadah, baik dalam bentuk infrastruktur fisik maupun virtual, yang digunakan untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif mengembangkan bisnis, membangun jejaring, berorganisasi, dan mempererat ikatan intern komunitas maupun antar komunitas subsektor ekonomi kreatif.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, menjelaskan serah terima Creative Hub Labuan Bajo merupakan bentuk kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian PUPR.

“Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan menjadi fokus nasional pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah secara menyeluruh khususnya melalui Kementerian PUPR,” ujarnya.
 
 
Vinsensius menambahkan salah satu program kegiatan Creative Hub Labuhan Bajo adalah penataan Kawasan Puncak Waringin. "Dalam mengoptimalkan fungsi bangunan yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR di kawasan Puncak Waringin ini."
 
Creative Hub Labuan Bajo dibangun di atas tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat dengan luas area sebesar 1700 m2. Luas bangunan Creative Hub sendiri adalah 875 m2, yang terdiri dari 2 bangunan utama yaitu Rumah Tenun dan Rumah Suvenir.
 
Rumah Tenun terdiri dari area kios kuliner, area pameran, dan workshop subsektor kriya. Sedangkan Rumah Souvenir terdiri dari ruang pameran untuk menampilkan dan menjual cinderamata karya pelaku kreatif lokal serta dilengkapi dengan coffee corner.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Manggarai Barat, Fransiskus Sales Sodo, menyampaikan terima kasih atas pembangunan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.
 
“Ini sebuah tantangan bagi Pemda Manggarai Barat untuk menata lebih lanjut Creative Hub di Labuan Bajo. Kita siap untuk serah terima Creative Hub Labuan Bajo,” ujar Fransiskus.***

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x