Perbedaan Waktu Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri dengan Vaksin Lengkap dan Tidak

- 1 Februari 2022, 12:25 WIB
Ada Perbedaan Durasi Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri dengan Vaksin Lengkap dan Tidak
Ada Perbedaan Durasi Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri dengan Vaksin Lengkap dan Tidak /setkab

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah mengubah waktu karantina kedatangan luar negeri bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari sebelumnya 7 hari menjadi 5 hari.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan karantina 5 hari hanya berlaku bagi WNI dan WNA yang masuk ke Indonesia dengan vaksin lengkap.

“Bagi WNI yang baru melaksanakan vaksinasi dosis pertama tetap harus menjalani karantina 7 hari,” kata Luhut.

Perubahan strategi ini dilakukan mengingat lebih tingginya kasus COVID-19 varian Omicron yang berasal dari transmisi lokal daripada imported case.

Selain itu  juga mengingat sebagian besar kasus konfirmasi dari PPLN merupakan varian Omicron. Selain itu, imbuh Luhut, berbagai riset menunjukkan bahwa masa inkubasi dari varian Omicron ini berada di kisaran tiga hari.

“Langkah menurunkan hari karantina ini juga mempertimbangkan perlunya realokasi sumber daya yang kita miliki. Wisma yang tadinya digunakan untuk karantina PPLN akan disiapkan untuk isolasi terpusat (isoter) seiring dengan kebutuhan isoter yang diprediksi meningkat untuk kasus konfirmasi positif OTG dan bergejala ringan,” ujar Menko.

Baca Juga: Distribusi Pupuk Diawasi Secara Real Time

Lebih lanjut Luhut menyampaikan, mulai 4 Februari mendatang pemerintah juga akan membuka kembali pintu masuk internasional di Bali. Hal ini dilakukan untuk menggencarkan ekonomi Bali yang sudah cukup terdampak akibat pendemi ini.

“Namun kami akan tetap melakukan pembukaan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x