Ingin Insentif Kartu Prakerja Cair, Ikuti Dulu Pelatihan Pertama dan Pastikan e-Wallet Aktif!

- 3 November 2020, 08:54 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 11 dibuka dari tanggal 2-4 November 2020
Kartu Prakerja Gelombang 11 dibuka dari tanggal 2-4 November 2020 /

JAKSELNEWS.COM - Banyak keluhan yang disampaikan masyarakat dalam mendaftar kartu prakerja. Selain pendaftaran yang sulit, keluhan lain yakni insentif tak kunjung diterima.

Menjawab hal tersebut, Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Hengki Sihombing mengatakan penerima Kartu Prakerja harus menyelesaikan beberapa hal dulu sebelum menerima insentif pertama Rp 600 ribu. Antara lain sudah mengikuti pelatihan pertama, serta telah menautkan rekening e-walletnya dengan baik.

"Kalau masih juga dana itu gagal diproses, bisa jadi karena e-wallet mereka tidak ditemukan atau non aktif. Pastikan e-wallet Link Aja, GoPay atau Ovo itu dalam kondisi aktif atau tidak diganti nomor hp-nya," kata Hengki mengutip laman prakerja.go.id Selasa (3/11).

Ia mengungkapkan, setiap hari dana yang dicairkan dari Manajemen Pelaksana Prakerja kepada penerima jumlahnya sangat besar, jadi harus terus melakukan pengecekan.

"Jika tulisannya gagal, maka itu adalah gagal ditransfer. Bukan tidak akan diberikan. Jika penerima sudah menyelesaikan pelatihan dan rekeningnya tidak bermasalah, pasti akan kami transfer," tegas pria kelahiran 35 tahun silam itu.

Hengki juga menjawab mengenai anggapan lambatnya penyerapan anggaran dari Program Kartu Prakerja untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa Pandemi COVID-19.

Menurut Hengki, penerimaan Kartu Prakerja dilakukan per gelombang. Dari situ, bantuan insentif kepada penerima Kartu Prakerja tidak langsung diberikan di muka.

"Hingga Batch IX, ada 5.480.000 penerima Kartu Prakerja yang kami dapatkan. Nah, insentif kepada para penerima itu kan tidak langsung diberikan di depan. Mereka harus mengikuti pelatihan dulu. Jadi, kalau pesertanya tidak membeli dan menyelesaikan pelatihan, ya dananya tidak terserap juga," kisahnya.

Di sinilah Hengki menekankan beda Program Kartu Prakerja dengan Bansos lainnya.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x