Bingung Ikut Pelatihan Kartu Prakerja, Ambil Saja Materi Ini!

- 3 November 2020, 09:11 WIB
Ilustrasi daftar kartu prakerja.
Ilustrasi daftar kartu prakerja. /pixabay.com / Free-Photos

JAKSELNEWS.COM - Jika Anda sebagai salah satu penerima Kartu Prakerja dan merasa bingung ingin mengambil pelatihan apa, bisa coba materi ini. Materi terkait Kewirausahaan menjadi yang paling banyak diminati.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Hengki Sihombing, menurut dia sejauh ini pelatihan yang paling banyak diminati di Program Kartu Prakerja antara lain materi-materi terkait Kewirausahaan, Bahasa, Teknologi Informasi (IT).

"Mungkin dalam kondisi pandemi seperti ini, para Penerima Kartu Prakerja banyak mencari skill atau kompetensi tanpa harus bertemu fisik dengan orang lain. Jadi, para penerima Kartu Prakerja membeli pelatihan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sekaligus bisa membantu perekonomian mereka," kata Hengki mengutip laman prakerja.go.id Selasa (3/11).

Hengki juga menjelaskan jawaban atas pertanyaan mengapa sertifikat peserta sering tidak muncul di dashboard penerima Kartu Prakerja meski menyelesaikan sebuah pelatihan.

"Ada alurnya. Setelah seorang penerima Kartu Prakerja mengikuti sebuah pelatihan di Lembaga Pelatihan (LP), maka LP itu akan memberi laporan kepada Digital Platform (DP). Dari situ, DP memberi laporan kepada Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, sehingga sertifikat pelatihan digital bisa diupload dan jadwal pemberian insentif pun tampak di dashboard peserta," kata dia.

Hengki menekankan bahwa Program Kartu Prakerja membawa semangat optimisme di tengah pandemi. Program Kartu Prakerja ini pun sangat sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi di periode kedua pemerintahannya, sebagai satu-satunya program pemerintah yang fully ‘Dilan’ alias ‘Digital Melayani’.

"Dari proses pendaftaran, seleksi menentukan penerima, pelatihan, hingga pemberian dana insentif ditransfer secara penuh tanpa ada potongan ke rekening peserta, semua dilakukan secara digital. Kartu Prakerja bisa dibilang melakukan semuanya secara transparan dalam pelaksanaan program ini," tegasnya.

Melalui Program Kartu Prakerja inilah, lanjut Hengki, pemerintah Indonesia membuktikan diri sanggup memberikan layanan digital kepada rakyatnya secara baik.

Selain itu, Kartu Prakerja juga memberi kesamarataan untuk seluruh rakyat Indonesia. "Pelatihan yang didapat oleh peserta yang ada di Sulawesi, Maluku, dan Papua, sama juga dengan pelatihan yang diterima penerima Kartu Prakerja kota-kota besar di Pulau Jawa," kata Hengki.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x