Kejuaraan Kualifikasi Batal, Vidya Rafika Satu-satunya Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo

- 18 Februari 2021, 16:47 WIB
ATLET menembak Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (ANTARA)
ATLET menembak Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (ANTARA) /Antara

JAKSELNEWS.COM – Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menyatakan kejuaraan kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19.

“Dengan batalnya beberapa kejuaraan kualifikasi, praktis kita tidak bisa menambah atlet. Vika satu-satunya petembak yang tampil di Tokyo,” ujar Sekjen PB Perbakin Justian Judiswanda, seperti dikutip Jakselnews.com dari Antara.

Sebenarnya upaya penambahan kuota tidak hanya melalui kejuaraan kualifikasi tetapi juga dapat dilakukan dengan cara mengajukan wild card.

Baca Juga: Keren! Indonesia Ikut Seleksi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Berikut Alasannya Menurut Jokowi

Meskipun begitu, menurut Justian, ISSF tidak kabulkan permintaan wild card  karena jatah wild card diberikan kepada atlet menembak dari negara-negara yang sedang mengalami konflik.

“Kebijakan ISSF memberikan jatah wild card kepada petembak dari negara yang konflik itu patut dimaklumi. Sebab, ISSF menjadikan cabang olahraga menembak bukan hanya mengejar prestasi tetapi sebagai sarana untuk kampanye perdamaian dunia,” kata Justian menegaskan, seperti dikutip Jakselnews.com dari Antara.

Vidya Rafika mendapat tiket lolos untuk mewakilkan Indonesia karena prestasinya saat turun di Kejuaraan Menembak Asia di Qatar 2019. Setelah itu, rentetan prestasi terus diraih termasuk raihan dua emas pada SEA Games 2019 di Manila dan FIlipina.

Atlet kelahiran 27 Mei 2021 ini bakal turun di nomor Air Rifle Match dan 3 position 50 meter putri kejuaraan empat tahunan yang pelaksanaannya diundur satu tahun dari jadwal semula.

Berikut biodata singkat Vidya Rafika:

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x