Rawan Apek, Begini Cara Merawat Helm di Musim Hujan

- 10 Februari 2021, 09:00 WIB
Cara merawat helm di musim hujan. (Pixabay)
Cara merawat helm di musim hujan. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Beberapa bulan terkahir di berbagai daerah di Indonesia sudah selalu diguyur hujan. Ini artinya, khusus bagi para pengendara motor (biker) harus sudah mengantisipasi keadaan di perjalanan jika terjadi hujan. Misalnya seperti selalu membawa jas hujan kemanapun anda pergi.

Selain itu, ada satu lagi hal yang harus diperhatikan yakni apparel para biker di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan pelindung kepala kita yang digunakan pada saat naik motor yang biasa disebut dengan helm. 

Pada saat kondisi hujan, helm seringkali menjadi lembab karena kebasahan air hujan. Hal ini terutama terjadi pada helm half face karena air bisa datang dari depan, atas dan juga bawah bagian helm. Jika sudah lembab, selain tidak nyaman digunakan, helm juga akan membuat rambut anda menjadi bau.

Baca Juga: Terjawab! Motor “Nyendat-Nyendat” Bisa Jadi karena Masalah pada Bagian Ini Saja

Itu akan membuat pengendara atau bikers tidak percaya diri jika harus ke satu tempat dan bertemu orang lain karena kondisi tersebut. Untungnya ada cara yang bisa dilakukan agar helm tidak dalam kondisi basah setelah digunakan.

Sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Biker Wajib Tahu! Inilah Cara Hindari Helm Apek Setelah Digunakan saat Kondisi Hujan, cara yang bisa dilakukan yaitu mengeringkan bagian luar helm sampai benar-benar kering dengan kain microfiber.

Setelah itu, usap juga bagian visor-nya menggunakan kain microfiber agar menghilangkan kemungkinan bagian kaca menjadi berjamur. Dan yang terakhir, angin-anginkan bagian busa helm. Akan menjadi lebih mudah jika busa interior helm bisa dicopot. Tapi jika tidak bisa, bagian dalam helm bisa diarahkan ke kipas angin, agar busa yang terdapat di dalam helm tersebut cepat kering dan tidak membasahi rambut.

Baca Juga: 11 Cara Mencuci Motor yang Benar agar Tidak Merusak Motor, Bikers Masuk!

Tapi ada satu hal yang harus diingat saat proses pengeringan busa helm. Hal tersebut tidak bisa  dilakukan secara terburu-buru dengan cara dijemur di bawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x