Pertemuan Tahunan Bank Dunia-IMF Resmi Ditunda, Mengapa?

- 6 November 2020, 11:52 WIB
Ilustrasi Bank Dunia
Ilustrasi Bank Dunia /Media Pakuan

JAKSELNEWS.COM - Pertemuan tahunan Kelompok Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) resmi ditunda selama 12 bulan, hal tersebut diumumkan pada Kamis (5/11). Pada pertemuan tersebut seharusnya berlangsung pada bulan Oktober 2021 di Marrakesh, Maroko dan harus ditunda karena adanya pandemi COVID-19.

Pertemuan Tahunan Grup Bank Dunia IMF biasanya diadakan selama dua tahun berturut-turut di kantor pusat dua lembaga multilateral di Washington D.C, dan setiap tahun ketiga di negara anggota lain, menurut pernyataan bersama, sebagaimana dikutip dari Xinhua.

Pada pertemuan tahunan biasanya menghadirkan ribuan pejabat pemerintah, pelaku bisnis, jurnalis, dan perwakilan lainnya dari seluruh dunia untuk membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian global. 

Termasuk prospek ekonomi dunia, stabilitas keuangan global, pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan penciptaan lapangan kerja, perubahan iklim, dan lainnya.

Pada April, kedua pemberi pinjaman multilateral telah menyelenggarakan Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia 2020 dalam format virtual. Pada Oktober, mereka juga mengadakan pertemuan tahunan dalam format virtual.

Negara tuan rumah pertemuan tahunan berikutnya, di Maroko, kasus COVID-19 berjumlah 235.310 dan kematian mencapai 3.982 pada Kamis sore (5/11), perhitungan Johns Hopkins menunjukkan.

Dilansir dari Antara, pada kasus COVID-19 global melampaui 48,4 juta pada Kamis sore, dengan total kematian lebih dari 1,2 juta, menurut sistem pelacakan real time yang dikembangkan oleh Universitas Johns Hopkins.***

Editor: Husain F.P

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x