Makin Murah! Diskon PPnBM Bakal Pangkas Harga Mobil, Tapi Apa Sudah Layak Beli Mobil?

- 27 Februari 2021, 22:22 WIB
Apakah bijak membeli mobil saat ada diskon PPnBm? (Shutterstock)
Apakah bijak membeli mobil saat ada diskon PPnBm? (Shutterstock) /Shutterstock

JAKSELNEWS.COM - Demi menggenjot perekonomian yang terpuruk akibat pandemi corona, Pemerintah melakukan beragam upaya untuk menaikkan masyarakat dalam hal konsumsi. Kekinian, Pemerintah hendak memberikan keringanan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), dalam hal ini mobil.

Kabar ini jadi angin segar buat masyarakat yang hendak membeli mobil. Namun, apabila kebijakan relaksasi pajak ini berlaku nanti, apakah sudah saatnya bagi masyarakat untuk membeli mobil?

Relaksasi pajak sebesar 0 % akan berlaku untuk mobil baru berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah yang diproduksi secara domestik dengan komposisi lokal lebih dari 70 persen, pada periode Maret hingga Mei 2021. 

Baca Juga: Moge Roboh Ditendang Paspampres, Ini Kata Mantan Komandan

Sebagian kalangan tentu memandang hal ini sebagai peluang emas untuk membeli mobil karena adanya potongan harga yang cukup signifikan. 

Lifepal, melalui rilis pers yang diterima Jakselnews, menyarankan kebijakan ini tentu baik untuk menggenjot belanja dan konsumsi masyarakat. Namun, ada beberapa kalangan dengan kondisi keuangan tertentu yang sebaiknya mengurungkan niat sejenak untuk membeli mobil dalam waktu dekat. 

Beberapa kriteria kondisi keuangan yang tidak disarankan untuk membeli mobil dulu adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Ini Alasan Bill Gates Lebih pilih Android daripada Iphone

Bekerja dari rumah hampir setiap hari

Tidak sedikit dari Anda yang akhirnya menjalani aktivitas mencari nafkah di rumah karena pandemi COVID-19. Secara tidak langsung, mobilitas Anda secara keseluruhan menjadi berkurang secara drastis setiap harinya.

Mobil seharga ratusan juta Rupiah tentu bukan menjadi pilihan yang tepat untuk dibeli saat ini karena Anda belum tentu membutuhkannya. Mengingat mobilitas Anda yang rendah, dan Anda pun masih bisa terbantu oleh kendaraan umum, online, atau sepeda motor.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Lifepal.co.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x