Rupiah Menguat Tipis Pekan Ini, Simak Penyebabnya. Waspada Pergerakan Melemah Pekan Selanjutnya

- 17 April 2021, 08:20 WIB
ILUSTRASI// Pergerakan rupiah pekan ini cenderung stagnan, waspada risiko pelemahan pekan depan
ILUSTRASI// Pergerakan rupiah pekan ini cenderung stagnan, waspada risiko pelemahan pekan depan /Aprilio Akbar/ANTARA/Aprilio Akbar

JAKSELNEWS.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada Sabtu, 17 April berada pada level Rp 14.526. Pada perdagangan Jumat, 16 April rupiah ditutup pada kisaran Rp 14.565 per dollar AS. 

Rupiah ditutup menguat dibandingkan perdagangan Kamis. Namun, pergerakan rupiah cenderung stagnan selama sepekan terakhir. 

Surplus perdagangan Indonesia akan menopang kurs rupiah yang tertekan signifikan karena outflow di pasar finansial. Meskipun mengalami penguatan, pergerakan rupiah yang mungkin melemah perlu diwaspadai. 

Baca Juga: Ini Alasan Jeff Smith Gunakan Ganja Sejak 2 Tahun Lalu

Penguatan nilai rupiah dinilai dipengaruhi oleh indeks dollar AS yang sedang tertekan. Tren penurunan indeks dollar AS dimulai sejam 31 Maret hingga Rabu, 14 April. 

Selain itu, sentimen pelaku pasar yang membaik mendorong aliran modal yang kembali masuk ke negara. Keadaan pasr yang kembali risk on mendorong para investor mulai berburu surat utang dengan yield yang lebih baik, termasuk pasar Indonesia. 

Neraca dagang RI yang surplus dan adanya cadangan devisa RI juga merupakan sentimen positif yang mempengaruhi pergerakan rupiah pekan ini. Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar Singapura (SGD) berada pada kisaran Rp 10.886 dan terhadap dollar Australia (AUD) berada pada kisaran Rp 11.257.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x