4 Fokus OJK untuk Pasar Modal 2022, Salah Satunya Mengakomodasi Emiten Berbasis Tekonologi

- 3 Januari 2022, 10:25 WIB
Ilustrasi pasar modal
Ilustrasi pasar modal /ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

JAKSENEWS.COMc- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan  OJK Wimboh Santoso menyatakan pasar modal Indonesia mencatatkan return investasi terbesar di Asia selama 2021.  Dia menjelaskan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di level 6.581,48, investasi returnnya sudah 10,08%.

Pencapaian pertumbuhan investor pasar modal yang sudah naik, di 2020 yaitu 3,8 juta  melonjak  menjadi 7,5 juta di 2021. Penghimpunan dana pasar modal juga luar biasa mencapai Rp363,3 triliun dari 194 emiten yang bersumber dari sektor teknologi dan keuangan.

Dalam pembukaan perdagangan perdana 2022, Wimboh menyebut ada sejumlah prioritas kebijakan 2022. Pertama, "Untuk itu kita punya beberapa kebijakan prioritas 2022, yang pertama kita harus mempersiapkan operasionalisasi infrastruktur bursa karbon ini jadi prioritas kita, tentunya legalitas akan kami siapkan dan kami akan mengembangkan indeks ESG leaders," katanya dalam Peresmian Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2022, Senin 3 Januari 2022.

Baca Juga: Ini Daftar Tempat Karantina Terbaru Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri

Kedua, Wimboh menekankan bahwa pasar modal harus memperluas basis emiten yang di antaranya bagaimana melalui sekuritisasi dan pembiayaan proyek strategis. Dimana pembiayaannya cukup besar yang diperlukan sampai 2024 yaitu Rp6.445 triliun.

Ketiga, OJK tetap mengakomodasi emiten berbasis teknologi di antaranya telah mengeluarkan POJK akhir tahun lalu tentang multiple voting share dan pengembangan berbasis emiten ini dengan edukasi.

"Perluasan UMKM terus kami lakukan. Keempat derivatif pasar akan kami juga kembangkan, dan juga kita akan menyelesaikan counterparty kliring pada 2022, kebijakan itu tidak akan efektif apabila tidak ada sinergi pemangku kepentingan sehingga kami mengundang untuk kita bersama-sama mendukung itu," jelasnya.***

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: IDX CHANNEL


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x