Cara Menggunakan Kode Bank BTN Ketika Proses Transfer Antar Bank

- 8 Mei 2022, 09:15 WIB
Logo Bank BTN
Logo Bank BTN /

JAKSELNEWS.COM - Apabila akan melakukan transfer ke Bank BTN dari bank berbeda maka perlu mengetahui kode Bank BTN yang sebagai identitas bank tersebut. Sebab jika tidak ada kode bank tersebut pada proses transaksi transfer antar bank dengan tujuan Bank BTN, tidak akan bisa terjadi hal tersebut.

Jika diistilahkan dalam bahasa sehari-harinya, mesin ATM yang digunakan diprinsipkan sebagai kurir paket dan kode tersebut merupakan nomor rumah pada alamat. Dan nomor rekening tujuan dimisalkan menjadi alamat rumah tujuan tanpa nomor rumah.

Maka dari penggambaran diatas dapat disimpulkan bahwa ATM sebagai kurir akan bingung mengirimkan paket yang memang harus diantar tersebut. Mungkin dia bisa sampai ke daerah sekitar tersebut, tetapi cakupannya luas dan tidak mungkin mencarinya satu persatu.

Sama halnya dengan kode bank tersebut, mesin ATM akan kebingungan dengan nomor rekening yang dimasukan memang tidak ditemukan di database bank tersebut. Sehingga memang perlu dilengkapi dengan kode bank yang akan dituju pada proses transaksi tersebut.

Baca Juga: Memang Apasih Fungsi Kode Bank Mandiri? Inilah Jawabannya

Cara Menggunakan Kode Bank BTN Pada Proses Transfer

Apabila telah mengetahui perihal kode bank yang akan dituju pada proses transfer, maka bisa langsung saja ke menu transfer antar bank. Lalu selanjutnya akan disediakan sebuah isian yang harus diisi oleh rekening tujuan.

Nah pada kolom isian ini, perlu ditambahkan juga kode bank di bagian depan sebelum nomor rekening yang dituju. Contoh praktiknya akan melakukan transfer antar bank ke Bank BTN sebagai berikut ini.

  • Untuk kode bank dari Bank BTN yang telah diketahui adalah 200
  • Lalu, masukan kode 200 tersebut di kolom isian yang telah disediakan mesin ATM
  • Setelah itu, masukan juga nomor rekening tujuan dari nasabah Bank BTN tersebut.
  • Misalnya seperti, 20008723746123, nah hasilnya akan menjadi seperti itu.

Baca Juga: Transfer Beda Bank ke BNI? Ini Kode Bank BNI yang Harus Diketahui!

Dengan memasukan kode Bank BTN seperti diatas, mesin ATM akan otomatis mengetahui bahwa bank yang dituju adalah Bank BTN. Cukup mudah bukan? Jadi, sekarang sudah bisa coba untuk transfer antar bank di mesin ATM.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x