Matahari, si Cahaya Alami dengan Berbagai Manfaat

- 28 Januari 2021, 23:53 WIB
Ilustrasi rumah dengan pencahayaan alami
Ilustrasi rumah dengan pencahayaan alami /unsplash/andreaedavis

JAKSELNEWS.COM - Tahukah kalian? Rumah yang memiliki pencahayaan yang cukup dapat membuat ruangan terlilhat lebih cerah, terang dan dapat memberi kesan ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, dengan terpaparnya kita dengan cahaya matahari itu bisa meningkatkan suasana hati, lho.

Menurut Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat, Menyalakan lampu di rumah menguras kurang lebih 11 persen total energi yang dipakai.

Jadi bisa dibayangkan, dengan mematikan lampu di siang hari dan memanfaatkan cahaya alami, kamu bisa menghemat energi juga biaya listrik.

Baca Juga: Merawat Rambut dengan Air Beras, Gampang Banget!

Mengutip interiordesign.id, Kronologologi di Univeritas Surrey, Dr. Victoria Revell mengatakan, “Cahaya sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Memastikan bahwa kita menerima tingkat cahaya yang memadai pada waktu yang tepat, akan memberi manfaat pada kewaspadaan, mood, produktivitas, pola tidur dan banyak aspek fisiologi kita.”

Dengan menggunakan cahaya alami, siklus cicardian yang dikenal sebagai siklus bangun-tidur sangatlah terbantu bahkan tubuh bisa dengan mudah merasakan kantuk dan terjaga di waktu tertentu. 

Bila menggunakan cahaya buatan berjumlah banyak, itu cenderung membingungkan otak ketika waktu bangun dan tidur datang.

Baca Juga: ‘Cat Stretch’ untuk Hilangkan Nyeri di Punggung

Seperti yang kita tahu, sumber cahaya alami dihasilkan oleh matahari dan ternyata sinar matahari ini mengandung vitamin D, lho. Menyerap vitamin D dari matahari ini dapat meningkatkan suasana hati sehingga dapat menghindari salah satu faktor penyebab depresi, yaitu kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: interiordesign AHS


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini