4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Pekerjaan

- 19 Februari 2021, 14:56 WIB
ILUSTRASI//Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan
ILUSTRASI//Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan /pixabay

 

JAKSELNEWS.COM – Dalam memilih pekerjaan, Anda biasanya akan mempertimbangkan prospek karir, kondisi perusahaan, serta gaji dan fasilitas yang diberikan perusahaan jika Anda menjadi karyawan dari perusahaan tersebut. Nyatanya, bekerja merupakan bagian dari kewajiban sekaligus kebutuhan kita, tentang aktualisasi diri maupun untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Perusahaan cenderung mengharapkan Anda menjadi karyawan yang loyal dan mampu berkontribusi maksimal untuk keberlangsungan bisnis mereka, sedangkan Anda juga mungkin berharap jika Anda dapat memiliki karir jangka panjang di suatu perusahaan. Tapi, ada kalanya Anda justru dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan Anda atau tidak cocok dengan perusahaan sehingga Anda harus memutuskan keluar di tengah masa kontrak. Nah, untuk menghindari kerugian yang mungkin Anda maupun perusahaan alami, ada baiknya Anda mempertimbangkan empat hal berikut sebelum memilih pekerjaan.

 

1. Pahami Bahwa Anda Punya Tujuan Selain Materi

Hal yang tak kalah penting dalam sebuah pekerjaan adalah tujuan Anda untuk memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar Anda. Jika Anda mengukur keberhargaan diri Anda hanya berdasarkan materi, maka Anda akan merasa kehilangan sesuatu setiap kali datang untuk bekerja. Pekerjaan akan terasa berbeda jika Anda merasa pekerjaan ini akan bermakna, yang pada akhirnya membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Pekerjaan juga harus menjadi salah satu cara Anda mengaktualisasikan potensi dan bakat yang Anda miliki. Pastikan Anda mempergunakan potensi dan bakat Anda untuk sesuatu yang bermakna lewat pekerjaan Anda.

 

2. Identifikasi Kesempatan Untuk Terus Berkembang

Tujuan pengembangan diri Anda akan memotivasi Anda untuk belajar hal baru, mengembangkan kemampuan Anda, atau belajar bekerja efektif sesuai peran pekerjaan Anda. Sebelum memilih pekerjaan, ada baiknya Anda juga memahami potensi diri Anda dan mencari deskripsi tugas yang sekiranya menfasilitasi perkembangan potensi Anda dalam pekerjaan tersebut. Dengan memiliki tujuan pengembangan diri, Anda cenderung memiliki kinerja yang lebih baik, relasi yang lebih positif dengan rekan kerja Anda, serta lebih produktif.

 

3. Memperhatikan Budaya Kerja dari Perusahaan 

Sebelum memilih pekerjaan pada suatu perusahaan, Anda perlu memperhatikan lingkungan pekerjaan Anda yang mencerminkan suasana organisasi serta bentuk interaksi dengan calon rekan kerja Anda. Apakah budaya kerja dari perusahaan tersebut cocok dengan cara kerja dan kepribadian Anda? Nyatanya, kepuasaan terhadap pekerjaan biasanya sangat terkait dengan otonomi yang dimiliki oleh setiap individu dalam tim. Artinya, meskipun bekerja sama dalam tim, Anda tetap harus memiliki kebebasa untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan cara Anda sendiri, tanpa banyak diawasi oleh supervisor. Tetap terhubung dengan setiap anggota tim merupakan budaya kerja yang penting, diikuti dengan daily check-ins dan evaluasi kinerja yang dilakukan secara konsisten.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x