Mainkan Ponsel Saat Buang Air Besar Bisa Sebabkan Wasir, Kok Bisa?

- 12 Desember 2021, 09:00 WIB

 

JAKSELNEWS.COM- Buang air besar (BAB) bisa jadi rutinitas yang membosankan karena tak melakukan apa pun kecuali melamun atau sekadar membaca tulisan di belakang botol sabun. Sebagian orang lalu memilih membunuh kebosanan saat buang air besar dengan membawa ponsel ke toilet. Mereka membuka media sosial Instagram atau Twitter hingga mendengarkan lagu favorit.

Kendati demikian, ternyata ada bahaya kesehatan dari kebiasaan ini. Apa itu?

Ahli bedah kolorektal, Karen Zaghiyan menjelaskan penggunaan ponsel saat buang air besar memang bisa berbahaya, salah satunya bisa menyebabkan wasir.

Gangguan kesehatan yang terjadi seperti wasir memang bukan disebabkan oleh ponsel yang digunakan, tetapi lebih karena berapa lama Anda duduk di toilet akibat terlalu asyik bermain ponsel.

Baca Juga: 3 Trik Konsumsi Nasi Tanpa Takut Gemuk, Antara Lain Menggunakan Piring Kecil

"Menyebabkan wasir membengkak dengan darah, menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak atau berdarah," kata Zaghyan, seperti dikutip Healthline.

Hal ini juga diungkap oleh seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Detroit, Anthony Youn yang mengungkap bahwa duduk di toilet selama lebih dari 15 menit bisa menyebabkan wasir. "Duduk di toilet untuk waktu yang lama, terutama saat Anda mengejan dapat menyebabkan darah berkumpul di sekitar rektum dan anus Anda," kata Youn, seperti dikutip Men's Health.

Cara termudah agar wasir tidak muncul adalah memangkas waktu Anda di toilet yakni dengan tidak membawa ponsel. Dengan demikian Anda terhindar dari bermain ponsel di toilet.

Baca Juga: Selain Mantan, yang Bekas-Bekas Bisa Dijual di 8 Platform Ini

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x