Penyebab Terjadi Mimisan dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Simak

- 13 Desember 2021, 10:35 WIB
Cara Mengatasi Mimisan Secara Herbal yang Dipercaya Ampuh, Simak Ulasannya
Cara Mengatasi Mimisan Secara Herbal yang Dipercaya Ampuh, Simak Ulasannya /Velizar Ivanov/Unsplash/

JAKSELNEWS.COM - Keluarnya darah dari hidung atau yang biasa kita sebut mimisan sering kali dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Pada bagian hidung akan mengandung banyak pembuluh darah, yang terletak dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Biasanya akan mudah rapuh dan berdarah. 

Meskipun mimisan bukan kondisi yang berbahaya, Anda harus tetap perlu waspada karena mimisan dapat menjadi gejala dari suatu penyakit.

Dilansir Jakselnews.com dari alodokter.com, penyebab mimisan paling umum yaitu karena kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya pembuluh darah halus di dalam hidung pecah, hingga akhirnya terjadi mimisan.

Selain itu juga ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan terjadinya mimisan, seperti cedera pada hidung, penggunaan obat pelega hidung dalam bentuk semprot secara berlebihan, alergi sampai sinusitis kronis.

Ada pula cara mengatasi jika Anda mengalami mimisan sebagai berikut :

  • Duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk dapat mengurangi tekanan pembuluh darah dalam hidung, sehingga perdarahan dapat segera berhenti.
  • Condongkan tubuh ke depan agar darah yang keluar dari hidung tidak masuk ke tenggorokan. Darah yang tertelan dapat memicu muntah.
  • Pencet hidung selama 10-15 menit dan bernafaslah melalui mulut.
  • Kompres pangkal hidung dengan kompres dingin untuk memperlambat perdarahan.

Setelah mimisan sudah berhenti, usahakan untuk tidak membuang ingus, mengorek bagian dalam hidung, membungkuk, atau melakukan aktivitas berat setidaknya selama 24 jam. Selain itu, hindari rokok dan konsumsi minuman alkohol. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi hidung atau risiko perdarahan berulang.***

Editor: Husain F.P

Sumber: alodokter.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x