10 Pekerjaan Era Digital Paling Dicari di Indonesia

- 19 Desember 2021, 10:00 WIB
ilusterasi kecerdasan buatan
ilusterasi kecerdasan buatan /geralt/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Pekerjaan yang dulu dianggap mentereng berguguran di era teknologi informasi. Sementara, jenis pekerjaan baru yang sebelumnya tak pernah terbayangkan bermunculan dan mengantar para pelakunya jadi kaya raya.

Ada 10 jenis pekerjaan era digital yang paling dicari alias permintaannya paling tinggi di Indonesia. Kesepuluh jenis pekerjaan ini mengutamakan pemanfaatan teknologi dan kemampuan digital.

Pertama, analis data dan ilmuwan data merupakan pekerjaan era digital yang sangat dibutuhkan. Data disebut pengganti tambang emas di masa depan, sehingga profesi di bidang pengolahan data sangat dibutuhkan. 

Profesi ini menggunakan data untuk menemukan informasi yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan untuk menjawab persoalan yang muncul.

Baca Juga: OJK Hentikan Sementara Penerbitan Izin Baru Manajer Investasi

Kedua, spesialis big data menjadi pekerjaan di era digital yang laris manis. Para spesialis memproses dan menguji set data yang besar untuk menemukan pola yang tersembunyi, korelasi yang tidak diketahui, tren pasar, preferensi pelanggan, hingga informasi bisnis lain yang bermanfaat.

Ketiga, spesialis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin adalah pekerjaan era digital paling dicari lainnya. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan bidang ilmu komputer khusus untuk memecahkan masalah kognitif.  Umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Sedangkan Machine Learning umumnya diterapkan pada sejumlah teknik Bayesian yang digunakan untuk pengenalan dan pembelajaran pola.

Keempat, ahli pemasaran digital merupakan pekerjaan di era digital yang banyak ditekuni anak-anak muda. Pemasaran melalui platform digital terus berkembang dan makin sempurna.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah