5 Saat yang Tepat untuk Minum Air Putih Beserta Manfaat yang Akan Dirasakan

- 19 Desember 2021, 22:01 WIB
Ilustrasi minum Air putih
Ilustrasi minum Air putih /Pexels/daria

 

JAKSELNEWS.COM - Air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada beberapa penyakit ringan hingga berat yang bisa diatasi dengan banyak minum air. Namun, kapan saat yang tepat untuk minum air putih?

Air yang dikonsumsi harus sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Kementrian RI. Air yang aman untuk kesehatan tubuh adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak terkontaminasi bakteri, serta tidak mengandung zat kimia. 

Mengkonsumsi air putih secara teratur sangat bermanfaat untuk menghilangkan dehidrasi. Jumlah air putih yang dikonsumsi setidak nya 8 gelas dalam sehari atau sekitar 2 liter dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Baca Juga: Alami Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi? Berikut 3 Cara Mengatasinya!

Air putih juga mempunyai peran penting dalam mengatur suhu tubuh, dan dapat membantu mendistribusikan zat-zat gizi ke seluruh tubuh. Meminum air putih juga dapat berpengaruh baik bagi kesehatan jika diminum diwaktu yang tepat. 

Seperti yang sudah ditulis oleh PortalJogja.com dalam artikel berjudul 5 Waktu yang Tepat Anjuran Minum Air Putih, Manfaat dan Penjelasannya, setidaknya ada 5 waktu yang tepat meminum air putih. 

1. Bangun tidur di pagi hari

Setelah bangun tidur adalah waktu terbaik meminun air putih. Karena saat tertidur tubuh tidak mendapatkan cairan selama 7-8 jam. Pada saat bangun biasanya seseorang akan merasa haus, ini merupakan reaksi alami tubuh karena kekurangan cairan. 

Saat itulah air putih berperan untuk menstabilkan metabolisme tubuh dan membuang racun dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini