Mengenal Bahaya Hidrokuinon, Kandungan dalam Kosmetik yang Dipersoalkan Dr Richrad Lee

- 29 Desember 2021, 13:11 WIB
dr Richard Lee
dr Richard Lee /Tangkap layar Youtube/dr. Richard Lee.

JAKSELNEWS.COM - Penangkapan dan Penahanan dr Richrad Lee pada bermula dari niatnya untuk memberi edukasi tentang kandungan hidrokuinon dalam kosmetik. Dr Richard ingin membeberkan efek samping atau bahaya hidrokuinon.

Namun, langkah itu berbuntut perseteruan dengan artis Kartika Putri, tuduhan melakukan akses illegal terhadap barang bukti Instagram, hingga akhirnya dr Richrad Lee ditahan.

Nah, sesungguhnya apa itu hidrokuinon sehingga dr Richard merasa perlu memberi tahu publik tentang risiko penggunggan zat ini tanpa pengawasan dokter?

Hidrokuinon (hydroquinone) merupakan senyawa aktif yang mampu mengendalikan produksi pigmen kulit. Kandungan ini sering ditemui dalam krim wajah dan digunakan untuk mencerahkan kulit atau pemutih. Fungsinya untuk mengurangi dan menghambat pembentukan melanin kulit.

Hidrokuinon kadang digunakan untuk menyamarkan bintik hitam di kulit. Krim dengan kandungan hidrokuinon kerap ditujukan untuk mengatasi bercak gelap akibat penumpukan melanin.

Baca Juga: Kopi Kenangan, Rumah Mantan, dan 5 Hal Lain tentang Si Unicorn Baru

Medical News Today menyebut sejumlah dokter meresepkan obat berbentuk krim atau salep yang mengandung hidrokuinon untuk mengatasi  beberapa masalah kulit. Antara lain masalah bercak cokelat di pipi, hidung, atau area kulit yang kerap terpapar sinar matahari

Masalah kulit lainnya yang sering diatasi dengan zat ini adalah, bitnik hitam di kulit, bintik penuaan atau lentigine yang muncul di wajah atau punggung tangan, dan bekas jerawat hitam membandel.

Namun, dokter sangat biasanya berhati-hati dalam memberikan obat atau krim berbahan dasar hidrokuinon. Efek samping hidrokuinon pun berisiko muncul setelah menggunakan zat ini dengan konsentrasi rendah atau di bawah dua persen selama beberapa tahun.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini