Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

- 31 Desember 2021, 10:07 WIB
Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa /Alena Darmel · Belarus, Minsk

JAKSELNEWS.COM - Pengujung tahun kerap dijadikan momen untuk refeksi tentang apa yang telah dilakukan sepanjang 365 hari yang telah berlalu serta apa yang akan dilakukan mulai esok hari selepas pergantian tahun.

Pada akhir dan awal itu, doa-doa dipanjatkan. Berdoa pada akhir tahun dan dan awal tahun menjadi momentum yang pas untuk memohon ampun terhadap hal buruk yang telah diperbuat sepanjang tahun 2021 serta memohin kebaikan maupun kemudahan pada tahun 2022.

Berikut adalah doa akhir dan awal tahun baru untuk umat Islam yang kerap dilafalkan.


Doa untuk pengujung tahun 2021

"Allâhumma mâ 'amiltu min 'amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alâ 'uqûbatî, wa da'autanî ilat taubati min ba'di jarâ'atî 'alâ ma'shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ 'amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa'attanî 'alaihits tsawâba, fa'as'aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha' rajâ'î minka yâ karîm."

Baca Juga: Kominfo Buka 200 Ribu Beasiswa Pelatihan Digital Tahun Depan, Ada Program AI hingga Coding

Doa di atas bermakna:

"Tuhanku, hamba meminta ampun atas perbuatan hamba di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara hamba belum sempat bertobat, perbuatanhamba yang Engau maklumi karena kemurahan-Mu.

Sementara Kau mampu menyiksa hamba dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara hamba menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Doa membuka awal tahun 2022

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'alâ fadhlikal 'azhîmi wa karîmi jûdikal mu'awwal. Hâdzâ 'âmun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ'ih, wal 'auna 'alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû'I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Arti doa di atas sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x