Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh

- 7 Februari 2022, 08:53 WIB
Ilustrasi jeruk purut
Ilustrasi jeruk purut /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Jeruk purut atau dengan nama lain Citrus hystrix adalah buah tropis yang bisa ditemukan di berbagai belahan Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Jeruk ini juga dikenal sebagai jeruk limau atau kaffir lime dengan berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau tua, dengan kulit tebal kasar.

Biasanya jeruk purut ini digunakan untuk menambah cita rasa makanan, misalnya di Indonesia dijadikan untuk membuat sambal, di Thailand untuk masakan tom yum, dan lainnya.

Namun, selain untuk menambah cita rasa, ternyata jeruk purut memiliki banyak manfaat lho. Jeruk purut mengandung berbagai nutrisi, seperti air, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, dan kolin.

Baca Juga: Cerita Park Solomon dan Cho Yi Hyun Lakukan Adegan Ciuman Sebanyak 17 Kali dalam Drama All of Us Are Dead

Berikut ini, manfaat jeruk purut yang bisa kamu ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1.Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Jeruk purut mengandung berbagai senyawa obat, termasuk limonene, nerol, dan citronellol. Senyawa organik ini dipercaya bersifat anti-inflamasi dan juga bisa merangsang sistem pencernaan. Bila kamu mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, rebusan beberapa daun jeruk purut bisa meredakan gejala yang kamu alami dan membantu membuat usus kembali sehat.

2.Menghilangkan stres

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x