Bukit 360, Tempat Menikmati Sirkuit Mandalika 360 Derajat

- 21 Maret 2022, 23:06 WIB
Presiden Jokowi mengamati Sirkuit Mandalika dari Bale 360
Presiden Jokowi mengamati Sirkuit Mandalika dari Bale 360 /Setpres

JAKSELNEWS.COM - Tak hanya arsitektur dan lansekap yang menarik di Mandalika, ada juga bukit hijau unik tepatnya sekitar 1 kilometer dari bangunan utama sirkuit.

Namanya Bukit 360. Dari ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut itu kita dapat melihat seluruh kawasan sirkuit MotoGP ini.

Hampir seluruh 17 tikungan sirkuit dapat terlihat jelas dari bukit ini. Itulah sebabnya pengelola sirkuit menamainya Bukit 360 dan posisinya di antara tikungan 9, 10, dan 11.

Dari atas bukit hijau ini kita juga dapat menikmati pemandangan indah di luar sirkuit seperti laut Mandalika dengan pantai-pantai cantik berpasir putih dan air biru jernih seperti Pantai Serenting, Kuta, dan Seger.

Baca Juga: Maudy Ayunda Hadiri Acara Pernikahan Putri Tanjung & Guinandra, Mengaku Senang sang Sahabat Menikah

Di sekitarnya juga ada perbukitan hijau seperti Bukit Seger yang sempat viral setelah diunggah oleh pebalap MotoGP dari Repsol Honda Team, Marc Marquez ke akunnya di Instagram ketika mengikuti tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari 2022.

Untuk menuju puncak Bukit 360 ini, kita mesti melewati jalan beraspal mulus selebar lima meter dengan empat kelokan lumayan tajam berdinding tebing bukit yang telah dibeautifikasi. Ada pembatas beton warna merah dan putih setinggi 30 sentimeter di sisi kiri dan kanan, memisahkan jalan dan tebing.

Cuaca terik dan sewaktu-waktu bisa turun hujan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi ketika berada di Sirkuit Mandalika, termasuk di atas Bukit 360 ini. Tapi tenang saja, karena tepat di puncak bukit ada tiga bangunan besar tiga lantai berukuran sekitar 200 meter persegi.

Masing-masing bangunan bertipe lounge yang disematkan nama Bale Bukit 360 itu berdiri di atas lahan yang menjorok ke tebing bukit, yaitu di sisi timur, barat, dan selatan.

Baca Juga: Mengenal Sosok Marullah Matali, Wali Kota Jakarta Selatan yang Sigap

Halaman:

Editor: Ariyanti

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x