Apa Itu Diplopia? Kondisi yang Dialami Pembalap Marc Marquez Usai Terjatuh di MotoGP Mandalika

- 23 Maret 2022, 09:53 WIB
Gambaran dari penglihatan seseorang yang mengalami ganggian diplopia
Gambaran dari penglihatan seseorang yang mengalami ganggian diplopia /www.topdoctors.co.uk

JAKSELNEWS.COM - Belum lama ini pembalap motor, Marc Marquez dikabarkan mengalami diplopia. Hal itu dikarenakan kecelakaan yang ia alami saat melakukan sesi warm up alias pemanasan MotoGP Mandalika.

Pihak Repsol Honda pada Selasa (22/3/2022) mengumumkan bahwa Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia.

Selama perjalanan pulang dari Indonesia menuju Spanyol, pembalap tersebut mengeluhkan pengelihatannya terasa tidak nyaman.

Dan menurut hasil pemeriksaan, Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia dan tidak menderita cedera lain. Lalu, apa itu diplopia? berikut penjelasannya.

Baca Juga: Dinda Hauw Alami Keguguran Calon Bayi Kembar: Adik Sudah Pergi

Melansir dari Hello Sehat, diplopia adalah suatu gangguan penglihatan di mana pasien akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan (penglihatan ganda).

Diplopia ini bisa menjadi lebih parah dalam kondisi yang serius, ini karena beberapa penyebab yang memerlukan diagnosis serta pengobatan segera.

Dalam beberapa kasus, penglihatan pasien dapat membaik apabila pasien mengarahkan objek mendekati atau menjauhi wajahnya, menyipitkan mata, atau menambah cahaya di dalam ruangan. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak dapat memperbaiki penglihatan mereka.

Diketahui jika diplopia dibagi menjadi dua jenis, yakni diplopia monokular dan binokular. Diplopia monokular merupakan gangguan penglihatan ganda yang hanya terjadi pada satu mata. Kondisi akan terus berlanjut bahkan saat mata yang normal tertutup.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Hello Sehat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x