5 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Kamu Waspadai

- 24 Maret 2022, 14:22 WIB
Ilustrasi penyakit asam lambung. Hindari 5 makanan ini saat asam lambung naik.
Ilustrasi penyakit asam lambung. Hindari 5 makanan ini saat asam lambung naik. /Pixabay/derneuemann

JAKSELNEWS.COM - Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd) atau asam lambung naik merupakan masalah pencernaan yang kerap dialami orang, baik muda maupun tua.

Asam lambung terjadi ketika sejumlah asam di lambung kembali naik ke kerongkongan, yang menimbulkan sensasi perih dan terbakar pada bagian dada dan ulu hati.

Ciri-ciri asam lambung naik cenderung mirip dengan penyakit seputar pencernaan lainnya. Tak heran jika penyakit seputar pencernaan ini kerap diremehkan dan tak disadari. 

Meskipun penyakit ini tidak menyebabkan kematian, bukan berarti boleh disepelekan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan.

Baca Juga: Sule Berhasil Memenangkan Penghargaan sebagai Komedian Terfavorit di Ajang ICA 2022

Maka dari itu, baik untuk kamu mengenali ciri-ciri asam lambung naik, asam lambung naik bisa memicu berbagai gejala dan mungkin berbeda pada tiap penderita. Berikut ciri-cirinya:

1.Kesulitan menelan

Pada saat asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan (esofagus) akan iritasi akibat asam yang menyebabkan kesulitan menelan. 

Dalam dunia kesehatan, kondisi ini disebut juga dengan Disfagia, yang menyebabkan penderita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menelan makanan masuk ke lambung.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x