Baca Doa Sahur Ini Sebelum Melaksanakan Ibadah Puasa

- 3 April 2022, 04:05 WIB
Ilustrasi jamaah masjid. (Unsplash/Positive Moslem Attitude)
Ilustrasi jamaah masjid. (Unsplash/Positive Moslem Attitude) /Unsplash/Positive Moslem Attitude

JAKSELNEWS.COM - Lakukan atau baca doa sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa sunnah atau puasa wajib seperti puasa Ramadhan. Dan biasanya doa atau niat puasa dibacakan ketika sahur sebelum masuk waktu puasa.

Perlu diketahui juga bahwa puasa berlangsung mulai dari terbitnya matahari di ufuk timur sampai dengan tenggelamnya matahari di ufuk barat. Jika lebih jelasnya untuk puasa dimulai dari setelah adzan shubuh dan berakhir pada adzan maghrib.

Untuk waktu puasa di setiap negara memang jumlahnya berbeda-beda dan untuk waktu puasa disesuaikan dengan jadwal adzan di masing-masing tempat tinggal. Sehingga ketika melaksanakan puasa ketahui juga jadwal adzan atau jadwal shalat di tempat tinggal.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tarawih yang Wajib Diketahui dan Dipahami

Untuk umat Islam yang menjalankan puasa maka dianjurkan untuk melaksanakan sahur yang merupakan sebagai sunnah ketika menjalankan puasa. Tentu juga sahur memiliki beberapa keutamaan bagi orang-orang yang menjalankan puasa.

Bacaan Doa Sahur Dengan Arti Dan Lisannya

Untuk yang melaksanakan ibadah puasa maka dianjurkan untuk membaca niat puasa atau doa sahur sebelum melaksanakannya. Biasanya doa atau niat tersebut dibacakan ketika sebelum puasa dimulai atau ketika selesai melakukan sahur.

Berikut ini bacaan niat puasa yang perlu dibaca sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin:

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x