Tata Cara Sholat Tarawih yang Wajib Diketahui dan Dipahami

- 2 April 2022, 21:17 WIB
Ilustrasi jamaah Sholat Tarawih. (Unsplash/Positive Moslem Attitude)
Ilustrasi jamaah Sholat Tarawih. (Unsplash/Positive Moslem Attitude) /Unsplash/Positive Moslem Attitude

JAKSELNEWS.COM - Tata cara sholat tarawih memang tidak ada perbedaan dengan tata cara melaksanakan sholat wajib yang 5 waktu. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai aturan yang berlaku ketika melakukan kegiatan sholat sunnah tarawih.

Sebab pada sholat sunnah tarawih ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan seperti jumlah rakaat dan tata cara melaksanakannya. Untuk jumlah rakaat ada dua jenis meliput 8 rakaat dan 20 rakaat yang masing-masing ditambah shalat sunnah witir 3 rakaat.

Setiap jumlah rakaat yang dilakukan memiliki dasar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga untuk perbedaan ini disesuaikan dengan keyakinan dan pengetahuan. Tetapi yang lebih pastinya aturan melaksanakan shalat tarawih adalah dilakukan dengan jumlah 2 rakaat dan 1 salam.

Baca Juga: Doa Sholat Tarawih yang Dibacakan Setelah Selesai Sholat

Sehingga jika melakukan 8 rakaat shalat tarawih maka akan melakukan 4 kali salam untuk menyelesaikan ibadah shalat sunnah tarawih. Ataupun untuk yang melaksanakan 20 rakaat maka akan melakukan 10 kali salam untuk menyelesaikan sholat tarawih.

Ketahui Tata Cara Sholat Tarawih!

Dari langkah dan cara melaksanakan sholatnya tidak berbeda dengan cara yang dilakukan ketika melaksanakan sholat wajib. Berikut ini langkah dan tata cara sholat tarawih yang harus diketahui.

  1. Melakukan urutan shalat yang seperti dilakukan ketika melaksanakan ibadah shalat wajib dengan 2 rakaat dan 1 salam
  2. Setelah selesai 1 salam dilanjutkan dengan 2 rakaat selanjutnya sampai dengan 1 salam, sampai jumlah rakaat sesuai dengan yang diyakini
  3. Memanjatkan doa setelah shalat tarawih, jika berjamaah mengikuti imam yang saat itu memimpin ibadah shalat tarawih
  4. Ketika jumlah rakaat telah mencapai 8 atau 20 rakaat dilanjut dengan shalat sunnah witir dengan jumlah 3 rakaat dan 1 salam, atau bisa dilakukan dengan 3 rakaat dan 2 salam masing-masing 2 rakaat 1 salam dan 1 rakaat 1 salam.
  5. Memanjatkan doa setelah shalat witir sesuai dengan anjuran yang ada.

Baca Juga: Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa untuk Teman dan Keluarga Terdekat

Tentunya semua tata cara sholat tarawih diatas dapat disesuaikan dengan keyakinan dan pengetahuan yang dimiliki masing-masing. Lakukan yang sesuai, jika berbeda cukup lewati dan lakukan yang dengan yang diyakini. Semoga bermanfaat dan semoga semua amal ibadah yang dijalankan menjadi pahala yang membawa sampai ke syurga. Aammiinn.

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x