Niat Puasa Ramadhan: Rukun Puasa Ramadhan yang Harus Diketahui

- 3 April 2022, 12:14 WIB
Niat puasa Ramadhan. (Unsplash/ Visual Karsa)
Niat puasa Ramadhan. (Unsplash/ Visual Karsa) /Unsplash/ Visual Karsa

JAKSELNEWS.COM - Niat puasa Ramadhan adalah salah satu rukun yang wajib diketahui oleh setiap umat islam yang menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tentunya niat yang dibacakan harus sesuai dengan ibadah yang dijalankan dan jika memungkinkan dibacakan dalam bahasa arab.

Jika ternyata belum mengetahui secara diluar kepala mengenai niatnya, bisa juga untuk sambil membaca catatan ataupun buku yang dimiliki untuk menjadi panduan ibadah puasa Ramadhan. Atapun untuk saat ini biasanya beberapa stasiun televisi menyediakan bacaan niat puasa ketika telah memasuki waktu imsak.

Sehingga jangan khawatir apabila memang belum hafal dengan niat puasa di bulan Ramadhan yang harus dibacakan ketika akan menjalani ibadah puasa Ramadhan. Jika memang ingin menghafalnya memang lebih baik dan lebih bagus juga, tidak ada ruginya juga bagi yang menghafalkannya.

Baca Juga: Baca Doa Sahur Ini Sebelum Melaksanakan Ibadah Puasa

Jadi, untuk yang ingin menghafalkan ataupun ingin membacanya dari panduan melaksanakan ibadah puasa semuanya benar kok. Bagaimanapun caranya akan tetap sama di hadapan-Nya, sebab yang akan membedakannya adalah amalan yang dilakukan ketika melaksanakan ibadah puasa Ramadhan tersebut.

Niat Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui

Untuk yang sedang mencari bacaan niat puasa Ramadhan dalam tulisan arab maupun tulisan lisan Bahasa Indonesia cocok datang ke artikel ini. Berikut ini bacaan niat puasa Ramadhan yang disediakan dalam tulisan arab dan latinnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanata lillāhi ta‘ālā

Yang artinya, saya berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x