Cara Menghitung Weton Beserta Makna dari Setiap Hitungannya

- 6 April 2022, 03:00 WIB
Cara menghitung weton. (Unsplash/Agto Nugroho)
Cara menghitung weton. (Unsplash/Agto Nugroho) /Unsplash/Agto Nugroho

JAKSELNEWS.COM - Ada salah satu budaya yang khas dari daerah Jawa yakni menghitung weton dari setiap orang yang dilihat dari hari kelahirannya. Sehingga untuk cara menghitung weton juga sudah ada sejak dahulu kala yang masih juga digunakan sampai saat ini.

Untuk budaya satu ini memang patut untuk dilestarikan oleh orang Jawa khususnya dan umumnya untuk seluruh rakyat Indonesia. Sebab budaya ini merupakan peninggalan sejarah yang perlu dikaji dan dimanfaatkan untuk hal-hal yang memang mungkin digunakan.

Sebab pastinya leluhur membuat suasana kegiatan yang dulunya digunakan pasti memiliki arti dan makna tersendiri bukan hanya sekedar hal biasa. Maka dari itu, saat ini peninggalan tersebut bisa dilestarikannya oleh orang-orang yang hidup di zaman sekarang.

Baca Juga: Yuk Intip, Kopi Kekinian yang Diracik Berdasakan Zodiak

Salah satu cara melestarikannya adalah dengan cara mempelajari dan coba mengimplementasikannya di kehidupan yang memungkinkan. Apabila nyatanya bisa digunakan untuk kehidupan saat ini maka tidak ada salahnya untuk coba digunakan kembali budaya tersebut.

Mungkin, jika memang sudah tidak relateable untuk digunakan pada zaman sekarang, cukup dipelajari dan dipahami dari maksud adanya budaya tersebut. Sebab tidak semua budaya yang ditinggalkan oleh leluhur masih bisa digunakan dalam kondisi keadaan di kehidupan masa sekarang.

Sehingga untuk yang melestarikan juga harus bisa memposisikan diri dalam menggunakan budaya-budaya yang memang perlu dilestarikan. Seperti salah satunya budaya menghitung weton sampai saat ini masih digunakan untuk menghitung kecocokan pasangan.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Tidak Pernah Insecure? Aries, Lebih Penting Kualitas Hidup

Cara Menghitung Weton Untuk Kecocokan Pasangan

Untuk penghitungan weton ini harus diketahui hari lahir dari masing-masing sehingga diketahui nilai dari hari lahirnya. Berikut tabel nilai dari hari kelahiran untuk menghitung weton.

Hari

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x