10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Perlu Diketahui

- 26 Mei 2022, 14:56 WIB
Ilustrasi Malaikat.
Ilustrasi Malaikat. /(Unsplash/Zoltan Tasi)/

 

JAKSELNEWS.COM - Ketahui 10 nama malaikat dan tugasnya pada artikel ini untuk menambah ilmu pengetahuan tentang agama lebih dalam lagi. Sehingga dapat menjadi manusia yang lebih bisa berbuat baik akan setiap hal yang dilakukannya.

10 Nama Malaikat Dan Tugasnya

Berikut ini nama-nama malaikat serta tugasnya yang perlu diketahui oleh semua umat Islam.

1. Malaikat Jibril

Malaikat pertama yang perlu diketahui adalah Malaikat Jibril, untuk tugas dari malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW salah satunya. Serta malaikat Jibril dapat meniupkan roh yang masih berada di dalam janin. Semua tugas yang dimiliki Malaikat Jibril tercantum ada Al-Qur’an surat An-Nahl pada ayat 102.

Baca Juga: Doa Orang Meninggal dan Juga Artinya

2. Malaikat Mikail

Kedua, ada Malaikat Mikail dengan tugasnya sebagai pemberi rezeki untuk semua makhluk hidup di dunia ini atas izin Allah SWT. Selain itu, memiliki tugas juga sebagai yang mengatur cuaca yang terjadi di bumi. Bahkan mengatur juga perihal tanaman-tanaman yang ada di bumi.

3. Malaikat Israfil

Ketiga, Malaikat Israfil yang memiliki tugas sebagai peniup terompet sangkakala ketika hari kiamat telah tiba. Dan juga meniupkan kembali terompet sangkakala tersebut ketika terjadinya hari kebangkitan untuk semua mahkluk hidup. Tugasnya tercantum pada Al-Qur’an surat Az-Zumar pada ayat 68.

4. Malaikat Izrail

Keempat, Malaikat Izrail yang memiliki tugas sebagai pencabut nyawa untuk semua makhluk hidup saat ajalnya telah tiba. Tentunya itu semua atas izin Allah SWT sebagai pemilik seluruh alam ini. Maka dari itu, selalu persiapkan diri untuk menyambut hari ajal yang bisa tiba kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Ketahui Doa Mandi Puasa yang Biasa Dipanjatkan Sebelum Puasa Ramadhan

5. Malaikat Raqib

Kelima, Malaikat Raqib sebagai malaikat yang ditugaskan pencatat amal baik yang dilakukan oleh manusia semasa hidupnya. Dari sekecil apapun hal yang dilakukan oleh manusia dengan niat baik maka akan dicatat oleh Malaikat Raqib.

6. Malaikat Atid

Keenam, Malaikat Atid dengan tugasnya sebagai pencatat amal buruk yang dikerjakan oleh manusia semasa hidupnya. Sehingga sebagai manusia yang beriman, alangkah baiknya jangan sampai ada coretan hal buruk di buku yang dipegang oleh Malaikat Atid.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x