Rekomendasi 4 Makanan Olahan Berbahan Singkong

- 4 November 2020, 23:01 WIB
Keripik Singkong/Tastemade
Keripik Singkong/Tastemade /Tastemade

 

JAKSELNEWS.COM – Singkong adalah salah satu jenis makanan pokok yang kaya akan kandungan karbohidrat. Singkong umumnya dikonsumsi oleh mayoritas penduduk di negara yang terkenal dengan wilayah tropisnya seperti Indonesia. Selain kaya akan karbohidrat, singkong juga mengandung nutrisi yang lain seperti mineral, vitamin A, protein dan serat yang bagus bagi kesehatan tubuh. 

Berikut ini ada 4 jenis makanan olahan berbahan singkong yang patut untuk anda coba : 

 

  • Kripik Singkong 

Makanan olahan dengan bahan singkong yang paling sering dikenal oleh banyak masyarakat umum adalah kripik singkong. cara membuatnya cukup mudah, anda hanya butuh memotong singkong secara tipis – tipis, lalu direndam ke dalam air panas yang telah dicampurkan dengan baking soda dan garam selama 1 jam, lalu setelah direndam anda hanya tinggal membilasnya dengan air biasa, lalu bisa mulai memasukkannya ke dalam penggorengan yang panas. Setelah digoreng tinggal ditiriskan dan bisa mulai disajikan ke anak – anak dan keluarga. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan teman bermain, menonton film atau berkumpul dengan teman dan keluarga. 

 

  • Brownies Singkong

Selanjutnya ada brownies singkong. berownies singkong merupakan sebuah brownies yang bahan olahannya mengandung 250 gram singkong. cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat brownies jenis lainnya. Hanya saja, brownies ini mendapatkan tambahan bahan khusus yaitu parutan singkong yang dicampur dengan susu dan terigu yang telah disaring. Bagi anda yang sedang ingin melakukan eksperimen memasak makanan manis tetapi tetap murah dikantong, membuat brownies singkong merupakan salah satu pilihan utama bagi anda untuk dijadikan bahan eksperimen memasak. Selain itu, jika hasilnya memuaskan anda juga bisa mulai membuat beberapa brownies singkong untuk dijadikan bisnis makanan atau sebagai makanan pelengkap dalam acara ulang tahun atau pesta. 

 

  • Singkong Keju

Bahan makanan olahan berbahan dasar singkong lainnya yaitu singkong keju. Singkong keju juga merupakan salah satu jajanan singkong yang sudah sangat familiar dan mudah untuk ditemui di beberapa tempat penjual gorengan. Jika anda tak ingin pusing – pusing membelinya dengan harga yang mahal, anda cukup mencoba untuk membuat makanan yang satu ini. cara pembuatannya yaitu dengan merebus singkong sampai empuk, setelah itu singkong yang empuk bisa mulai dimasukkan ke dalam rendaman air yang mengandung bumbu selama 15 menit. Setelah direndam, anda sudah bisa mulai menggorengnya dan singkong keju siap untuk disantap. Jangan lupa untuk berikan taburan parutan keju. 

 

  • Stick Singkong 

Dan makanan olahan singkong yang terakhir adalah stick singkong. Tak seperti makanan olahan singkong lainnya, makanan ini kurang cukup dikenal. Meski begitu anda patut untuk mencoba memasaknya karena makanannya yang unik. Cara pembuatannya anda cukup merebus singkong yang telah dikupas selama 15 menit hingga daging singkong berubah menjadi lebih empuk. Lalu mulailah potong singkong dengan bentuk stik yang tidak terlalu tipis ataupun tebal. Setelah itu oleskan dengan minyak zaitun dan ditambahkan dengan ketumbar kering, merica dan garam dan mulai oven selama 20 menit. Stetelah itu stick singkong siap untuk disantap. ***

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x