Profil dan Biodata Dorce Gamalama serta Perjalanan Kariernya sebagai Artis Senior

- 16 Februari 2022, 10:09 WIB
Ternyata begini asal mula nama Dorce Gamalama. Profil dan biodata lengkap presenter legendaris Tanah Air yang dikabarkan berpulang
Ternyata begini asal mula nama Dorce Gamalama. Profil dan biodata lengkap presenter legendaris Tanah Air yang dikabarkan berpulang /Instagram.com/@dg_kcp

JAKSELNEWS.COM - Dorce Gamalama dikabarkan meninggal dunia hari ini Rabu (16/2/22) dikarenakan Covid-19.Berikut profil dan biodata serta perjalanan karier dari Dorce Gamalama.

Memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi, Dorce lahir pada 21 Juli 1963 di Solok, Binjai, Sumatera Barat. Dia adalah seorang pembawa acara, penyanyi, dan aktris berkebangsaan Indonesia yang berdarah Minang.

Anak dari pasangan Achmad dan Dalifah ini sempat beberapa kali berganti nama mulai dari Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, Dorce Gamalama, Dorce Ahmad Ketjepet Gamalama hingga akhirnya menggunakan nama Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Saat masih berusia 1 tahun Dorce ditinggal oleh kedua orangtuanya karena meninggal. Ia kemudian diurus oleh neneknya Siti Darama. Menginjak umur 2 tahun, Ia dibawa neneknya tinggal di Jakarta.

Baca Juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia karena Terinfeksi Covid-19

Artis senior ini sudah mengawali kariernya sejak kecil. Selain menyanyi, Dorce juga dianggap sebagai komedian karena lawakan-lawakannya yang membuat ia semakin dikenal di televisi.

Nama Dorce ternyata tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006. Album yang melibatkan 74 artis itu menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

Dorce meraih kepopulerannya ketika berhasil muncul di TVRI cabang Surabaya di tahun 80-an. Setelah berhasil terkenal, Dorce kemudian diundang ke TVRI Pusat di Jakarta.

Ketenaran Dorce juga merambah ke dunia layar lebar, yaitu pada tahun 1989-1990. Namun, ia pernah hampir digugat karena ketidaksengajaannya menandatangani dua kontrak sekaligus.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah