Studi Australian National University Sebut Komodo Berasal dari Australia

- 2 Maret 2021, 18:09 WIB
Pemandangan Taman Nasional Komodo pada 2020.
Pemandangan Taman Nasional Komodo pada 2020. /Nusaibah Al Khanza/PR

JAKSELNEWS.COM - Studi yang dilakukan oleh Australian Nation University mengungkapkan sebuah sejarah yang menyebutkan jika Komodi berasal dari Australia.

Studi tersebut menjelaskan meskipun komodo terkenal di Indonesia, komodo kemungkinan berasal dari Australia seperti penemuan fosil sebelumnya.

Penulis utama studi, Carlos Pavón Vázquez menjelaskan jika di Australia terdapat biawak pasir yang merupakan spesies kadal yang berbeda.

Baca Juga: Tim Kajian UU ITE mint Pendapat Bintang Temon hingga Nikita Mirzani

Biawak pasir hanya dapat ditemukan di Australia dan selatan Papua Nugini, sedangkan komodo hanya dapat ditemukan di beberapa pulau di Indonesia.

Agar mereka bisa kawin, mereka pasti pernah hidup bersama beberapa waktu lalu. Ini adalah bukti jelas pertama dari jenis kawin silang, yang dikenal sebagai hibridisasi, dan terjadi pada biawak liar.

“Data kami mendukung teori bahwa komodo berasal dari Australia dan kemudian menyeberang ke Indonesia sebelum punah di sini,” ujar Carlos pada Senin, 1 Maret 2021.

Baca Juga: Transisi Energi, Bill Gates Mendesak Perlunya Mengurangi 'Premium Hijau'

Menurut Carlos, studi ini menjelaskan jika hibridisasi dapae memiliki efek jangka panjang. Pada kasus yang terjadi jutaan tahun yang lalu, namun tanda-tandanya masih ada di monitor pasir. Mereka memiliki lebih banyak kesamaan dengan komodo.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x