WHO: Baiknya Vaksin Covid-19 Tidak Dijadikan Syarat Bepergian

- 9 Maret 2021, 19:59 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

JAKSELNEWS.COM - Vaksin Covid-19 sudah mulai dilakukan di beberapa negara. Meski penyebaran belum merata, namun sebagian besar masyarakat sudah diberikan vaksin tahap pertama.

Seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa siapapun yang ingin bepergian tidak boleh menjadikan paspor Covid-19 ini sebagai syarat.

"Pasalnya, seluruh negara belum mendapatkan vaksin ini secara merata," kata Kepala Kedaruratan WHO Dr. Michael Ryan pada konferensi pers mengutip laman Reuters Selasa (9/3).

Dia juga menjelaskan sertifikasi sudah di vaksin Covid-19 bukanlah suatu hal yang bisa dijadikan acuan seseorang ketika akan bepergian. WHO juga belum bisa memastikan seberapa lama kekebalan dapat bertahan setelah disuntikkan vaksin tersebut.

Ryan juga menambahkan tidak akan adil jika seseorang memang diharuskan bepergian, namun karena kendala teknis dia belum mendapatkan vaksin, urusannya pun menjadi terhambat. "Kita tidak ingin vaksin-19 menjadi acuan, tidak semua negara bisa memvaksin warganya secara cepat," tutup Ryan. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x