Mengenal 'Paspor Virus' Yang Diluncurkan China

- 9 Maret 2021, 20:17 WIB
ilustrasi paspor.
ilustrasi paspor. /Vinta Supply Co. | NYC/pexels.com/@vinta-supply-co-nyc

JAKSELNEWS.COM - China tengah ramai diperbincangkan lantaran meluncurkan paspor virus, paspor virus nantinya dapat digunakan oleh pelancong domestik yang ingin berpergian di dalam ataupun di luar negeri.

Menurut AFP, Paspor China merupakan sebuah sertifikat digital yang berisi sebuah informasi tentang status vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pengguna. 

Program tersebut kabarnya tersedia untuk warga China melalui aplikasi WeChat pada tanggal 8 Maret 2021.

Baca Juga: Gojek Resmi Beli Saham LinkAja

Sertifikat ini, yang juga dapat berbentuk kertas disebut sebagai paspor virus pertama di dunia. Program baru China ini meliputi kode QR ter-enkripsi yang dapat membantu setiap negara memperoleh informasi kesehatan para pelancong.

"Sertifikat itu diluncurkan untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi dunia dan memfasilitasi perjalanan lintas batas," kata seorang juru bicara kementerian luar negeri.

Namun, paspor virus ini sayangnya belum tersedia untuk para pelancong Internasional yang ingin masuk ke negara China.

Baca Juga: 7 Produk Skincare Ini Bisa Regenerasi Kulit Saat Tidur

Sementara itu, Ameria Serikat (AS), Inggris, dan beberapa negara lainnya yang merupakan anggota Uni Eropa (UE) tengah mempersiapkan vaksin 'Izin Masuk Hijau' yang dapat digunakan oleh para warganya untuk berpergian antar negara anggota dan keluar negeri.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x