Cegah Penyebaran Covid-19, 3 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Sebelum Masuk ke Jepang

- 21 Maret 2021, 13:13 WIB
Suasana Bandara Narita di Jepang
Suasana Bandara Narita di Jepang /Sora News 24

JAKSELNEWS.COM - Kebijakan baru kembali diterapkan Jepang untuk para pelancong yang akan masuk ke negara tersebut. Hal ini masih terkait karena penyebaran virus corona masih mengkhawatirkan di seluruh negara.

Kali ini Jepang menerapkan aturan sejak 18 Maret lalu yaitu setiap pelancong yang masuk dari Bandara Narita maupun Haneda diwajibkan memasang tiga aplikasi sebelum memasuki wilayah Jepang.

Tiga aplikasi tersebut adalah aplikasi pelacakan kontak COCOA COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Skype, dan OSSMA, aplikasi konfirmasi lokasi. Aplikasi gabungan akan digunakan untuk mengonfirmasi kepatuhan terhadap 14 hari karantina mandiri yang harus diselesaikan oleh wisatawan yang masuk sebelum berpindah ke populasi umum.

Baca Juga: Jepang Kembali Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga Akhir Maret

Jadi bagaimana jika Anda tidak memiliki ponsel cerdas, atau menggunakan model lama yang tidak dapat menjalankan aplikasi? Anda akan diminta untuk menyewa telepon dari bandara, dan membayarnya dari kantong Anda sendiri.

Kebijakan tersebut telah disahkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan. Peraturan tersebut mempengaruhi semua kelas wisatawan yang masuk (warga negara Jepang, penduduk asing Jepang, dan pelancong bisnis / pariwisata sementara).

Selain menunjukkan bahwa aplikasi diinstal dan berjalan, pelancong yang masuk juga akan diminta untuk menandatangani janji tertulis untuk mematuhi protokol. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan publikasi publik dari nama pelanggar dan, dalam kasus warga negara asing, deportasi, termasuk pencabutan status kependudukan untuk orang asing yang tinggal di Jepang dengan visa kerja atau studi.

Persyaratan tersebut diharapkan dapat diperluas ke pendatang di Jepang melalui bandara lain dalam waktu dekat ini. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini