Jepang Tak Sediakan Sendok - Garpu Plastik Lagi

- 20 Maret 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi sendok logam
Ilustrasi sendok logam /Silberfuch/ Pixabay.com

JAKSELNEWS.COM - Negara Jepang semakin peduli dengan bumi, setelah sebelumnya melarang penggunaan kantong plastik, Jepang saat ini sudah tak menjual sendok-garpu plastik.

Sering dianggap produsen plastik tersebut, Jepang saat ini sudah mulai untuk go green secara bertahap.

Jepang sendiri sudah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut terlihat dari pelarangan penggunaan kantong plastik.

Baca Juga: Aktor Idris Alba Akan Rilis Buku Anak-Anak

Toko Swalayan hingga restoran menyambut baik kebijakan ini. Meski tak mudah, namun penggunaan plastik sekali pakai akan dikenai biaya. Biayanya 10 Yen atau sekitar Rp 1.300an.

Penggunaaan plastik sekali pakai pun langsung menurun drastis, banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan tas ramah lingkungan saat berbelanja. Bahkan di Kota Kameoka, di Prefektur Tokyo telah melarang penggunaan plastik secara gratis maupun berbayar.

Langkah ini terus didukung oleh Pemerintah Jepang. Kementerian Lingkungan Hidup Jepang telah menyusun RUU baru terkait larangan penggunaan sendok-garpu plastik di toko swalayan maupun bisnis lainnya.

Baca Juga: Pesawat Trigana Air Tergelincir Saat Mendarat di Bandara Halim

RUU ini diajukan oleh kabinet pada 9 Maret dan diharapkan mulai berlaku pada April 2022 jika disetujui. Toko-toko yang memberikan sendok-garpu gratis akan didenda hingga 500 ribu Yen atau sekitar Rp 65 juta.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x