Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok Klaim Vaksin Covid-19 Aman Setelah Uji Klinis, Ini Keterangannya

- 2 November 2020, 23:12 WIB
Ilusrasi percobaan vaksin
Ilusrasi percobaan vaksin /freepik/benzoix

JAKSELNEWS.COM - Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Institute of Microbiology diklaim aman bagi manusia oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS). Klaim ini dibuat setelah uji klinis fase I dan II dilakukan.

Dari dua uji klinis tersebut belum ditemukan efek samping yang membahayakan terhadap orang-orang yang sudah disuntikan calon vaksin tersebut. Pernyataan ini resmi dikeluarkan oleh Institute of Microbiology pada 2 November 2020.

Sebagaimana diketahui pengembangan vaksin Covid-19 oleh Institute of Microbiology dilakukan bekerja sama dengan Congqing Zhifei Biological Products Co Ltd dan sudah mendapat izin pada 19 Juni lalu dari Badan Produk Medis Nasional China (NMPA).

Pada 23 Juni, uji klinis pertama dilakukan. Sejumlah relawan berusia 18-59 tahun yang berasal dari Beijing, Chongqing, dan Hunan menerima suntikan di rumah sakit di Beijing dan Chongqing.

Dalam uji klinis pertama tersebut, calon vaksin Covid-19 tersebut dinyatakan aman.

Lalu pada 10 Juli kembali dilakukan uji klinis tahap kedua untuk mengevaluasi daya imunitas dan keamanan vaksin. Uji klinis tersebut dilakukan secara acak untuk mengetahui efektivitas vaksin.

Sebagaimana dilansir dari Pikiranrakyat-Depok.com dalam artikel Tak Temukan Efek Samping Serius, Tiongkok Klaim Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19 Aman bagi Manusia, kini Tiongkok sudah memiliki 13 calon vaksin Covid-19 yang dikembangkan berbagai lembaga penelitian dan perusahaan.

Dari 13 vaksin tersebut, empat vaksin lainnya sudah memasuki uji klinis tahap III.***(Erta Darwati/PR Depok)

Editor: Husain F.P

Sumber: PR Depok


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x