Joe Biden Jadi Presiden Tertua di Sepanjang Sejarah Amerika Serikat, Ini 5 Fakta Menarik Lainnya!

- 8 November 2020, 10:42 WIB
Pidato Joe Biden di Wilmington, Delaware, memberi seruan kepada pendukung Trump.
Pidato Joe Biden di Wilmington, Delaware, memberi seruan kepada pendukung Trump. /AP Photo/Andrew Harnik

JAKSELNEWS.COM - Joe Biden dinyatakan memenangkan Pemilu AS tahun 2020 usai mengalahkan perolehan suara Donald Trump. Joe Biden berhasil menang telak di beberapa negara bagian yang memiliki pengaruh vital pada pemilu di AS.

Mengutip laman AP, Minggu (8/11) Joe Biden berhasil melampaui ambang batas 270 suara untuk memenangkan pemilu AS. Joe Biden unggul dengan perolehan 284 suara elektoral dengan total 74 suara. Sementara rivalnya, Donald Trump hanya memperoleh 214 suara elektoral dengan total 70 juta suara.

Biden diketahui menang setelah mendapat banyak dukungan dari surat suara melalui pos. Dia akan resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 pada Januari 2021 mendatang.

Berikut fakta menarik Joe Biden, presiden Amerika Serikat yang memiliki usia tidak lagi muda.

1. Joe Biden berusia 78 tahun

Tahun ini, Joe Biden genap berusia 78 tahun. Ini membuat dirinya sebagai presiden AS tertua yang dipilih rakyatnya. Joe Biden memiliki empat orang anak dari hasil dua kali pernikahan. Sebelumnya predikat presiden tertua ini jatuh kepada Donald Trump karena menjadi presiden AS di usia ke-70 tahun.

2. Senator termuda

Joe Biden memulai karir di bidang politik sejak berusia 29 tahun. Dia terpilih sebagai anggota termuda dalam senat Amerika Serikat. Biden memulai pekerjaannya sebagai senator di Washington DC menggunakan kereta api setiap hari.

3. Joe Biden tiga kali mencalonkan diri sebagai presiden AS

Ternyata Joe Biden sudah pernah mencalonkan diri sebagai calon presiden AS. Dalam dua kesempatan pada 1988 dan 2008 dia kalah dalam konvensi Partai Demokrat.

Setelah kalah di tahun tersebut, dia justru mendapatkan kursi wakil presiden dari pemerintahan Barack Obama. Tidak tanggung-tanggung, Biden mendapatkannya dua kali. Pencalonan ketiga barulah dia berhasil. Dia kembali maju sebagai capres dari Partai Demokrat setelah senator Bernie Sanders mundur dari bursa pencalonan.

4. Politisi senior

Joe Biden hampir menghabiskan separuh hidupnya sebagai Senator asal Delaware selama 36 tahun. Itu membuktikan bahwa dirinya memang sosok yang penting bagi AS. Kemampuan Biden banyak diakui baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x