Menang pada Pilpres AS 2020, Joe Biden Resmi Menjadi Presiden Amerika yang Baru

- 8 November 2020, 09:12 WIB
Presiden AS terpilih Joe Biden bersama Wapres AS terplih Kamala Harris.
Presiden AS terpilih Joe Biden bersama Wapres AS terplih Kamala Harris. /@KamalaHarris/

JAKSELNEWS.COM - Joe Biden akhirnya memenangkan Pemilu Amerika Serikat (AS) 2020. Ia mengalahkan Donald Trump dengan perolehan 270 suara electoral college di Pennsylvania.

Mengutip laman AP Minggu (8/11) Joe Biden berhasil mengantongi suara sebanyak 284 electoral votes. Ini sudah melewati ambang batas 270 suara untuk memenangi Pilpres di AS. Joe Biden akhirnya resmi menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 pada Sabtu (7/11) kemarin.

Dikabarkan dia akan segera menggelar pidato resmi menanggapi kemenangannya tersebut pada hari ini. "Presiden terpilih, Joe Biden akan menggelar pidato di Wilmington Delaware," tulis tim kampanye Biden.

Kemenangan ini disambut sorak sorai dari para pendukungnya. Mereka melakukan perayaan di jalan-jalan Washington DC, dekat dengan Gedung Putih.

Kamala Harris juga ikut mengukir sejarah. Dia menjadi wanita kulit berwarna pertama yang berhasil duduk di kursi wakil presiden AS. Sebuah pencapaian luar biasa bagi AS di tengah isu keadilan rasial.

Pada Pilpres AS kali ini warga Amerika diketahui sangat antusias menyambut calon pemimpin mereka itu. Sebuah rekor menunjukkan sebanyak 103 juta orang memilih di tahun ini. Dengan penghitungan suara di beberapa negara bagian, Joe Biden diketahui lebih unggul dengan perolehan suara mencapai lebih dari 74 orang. Lebih banyak dari calon presiden manapun sebelumnya. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x