Siapkah Anda Jadi Angkatan Kerja Potensial? PPKD Jakarta Selatan Siapkan Berbagai Pelatihan Skill Kekinian

- 8 Februari 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi pelatihan skill di PPKD Jakarta Selatan. (Pixabay)
Ilustrasi pelatihan skill di PPKD Jakarta Selatan. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Imigrasi DKI Jakarta. PPKD Jakarta Selatan bertugas untuk melaksanakan berbagai pelatihan di dalam usaha penyediaan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang industri, tata niaga, dan aneka kejuruan dengan menggunakan bengkel kerja. 

Tentunya, dunia kerja saat ini menjadi semakin kompleks sehingga dibutuhkan angkatan kerja yang tidak hanya punya pengetahuan yang cukup tetapi juga kemampuan yang mumpuni. Pelatihan kerja sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk dapat memfasilitasi para angkatan kerja yang punya semangat belajar serta keinginan tinggi untuk meng-upgrade kemampuan diri lewat praktik kerja yang langsung berkaitan dengan bidang yang diminati. 

Untuk pelatihan reguler, pelatihan dilaksanakan di Kantor PPKD Jakarta Selatan, sedangkan pelatihan MTU (Mobile Training Unit) dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal warga setempat.  Pilihan kejuruan reguler yaitu seperti Barista, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Tata Graha, Tata Busana, Tata Boga, Desain Grafis, Operator Komputer, Teknik Sepeda Motor, Teknik Otomotif, Teknik Pendingin/AC, Teknik Komputer. Sedangkan untuk pilihan pelatihan MTU terdiri dari Teknik Pendingin/AC, Operator Komputer, Desain Grafis, Tata Boga, Teknik Las, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer, tata Rias, Tata Busana. 

Baca Juga: Bingung Ikut Pelatihan Kartu Prakerja, Ambil Saja Materi Ini!

Sebelum mengikuti pelatihan, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu minat dan kemampuan Anda di bidang tertentu. Melalui situs ppkdjakartaselatan.com, Anda dapat melihat materi yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti pelatihan bidang tertentu dengan meng-klik bagian judul bidang tersebut. Selalu tumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat untuk menguasai keterampilan di bidang tersebut agar Anda dapat mengikuti seluruh sesi pelatihan dari awal hingga akhir. 

Adanya PSBB masa Transisi yang berlaku di DKI Jakarta, maka pelatihan untuk sementara waktu tidak dapat dilakukan di kantor PPKD Jakarta Selatan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena PPKD Jakarta Selatan akan mengadakan program Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan gratis tanpa biaya. 

Pelatihan ini didesain secara singkat selama 5 hari kerja agar efektif dan efisien dengan desain belajar 25 persen teori serta 75 persen praktek. PJJ Batch 1 akan mengangkat dua tema yaitu membuat desain konten dengan smartphone serta editing video dengan smartphone

Baca Juga: Ingin Insentif Kartu Prakerja Cair, Ikuti Dulu Pelatihan Pertama dan Pastikan e-Wallet Aktif!

Tidak menutup kemungkinan bagi PPKD Jakarta Selatan untuk mengadakan PJJ dengan tema-tema lainnya yang sekiranya relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Jadi, siapkan diri Anda selalu untuk terus melangkah dan memperkaya diri Anda dengan berbagai keterampilan baru.***

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x